Lapas Banyuwangi Punya Galeri Karya Warga dari Balik Jeruji

Batiknya dijamin ori dan berkualitas

Banyuwangi, IDN Times - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi punya galeri resmi. Selain memamerkan hasil karya orisinil buatan warga binaan, galeri tersebut juga menjual aneka mahakarya mereka secara luas.

1. Dipamerkan, juga dijual secara luas

Lapas Banyuwangi Punya Galeri Karya Warga dari Balik JerujiPeresmian Galeri Osing Jeruji Lapas Banyuwangi. (IDN Times/ Agung Sedana)

Ketua Umum Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS), Anna Reynhard, telah meresmikan Galeri Osing Jeruji Lapas Banyuwangi, Jumat (2/8/2024). Turut mendampingi peresmian tersebut, Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim Asep Sutandar, para kepala UPT Pemasyarakatan se Jawa Timur, dan pengurus serta anggota PIPAS Jawa Timur.

Diharapkan, galeri ini bisa menjadi semangat baru bagi para narapidana berkreativitas. Selain dipamerkan, kemungkinan besar karya mereka bisa terjual dan mendapatkan keuntungan.

“Semoga keberadaan Galeri Osing Jeruji ini mampu memicu Warga Binaan disini untuk men-challange produktifitas melalui karya dan produk yang dihasilkan,” kata Anna.

Baca Juga: 7 Tempat Makan Malam Dekat Pelabuhan Ketapang Banyuwangi 

2. Batik jadi produk unggulan

Lapas Banyuwangi Punya Galeri Karya Warga dari Balik JerujiAneka karya warga dibalik jeruji Lapas Banyuwangi dijual. (IDN Times/ Agung Sedana)

Anna mengatakan, berbagai produk karya tangan sejumlah narapidana Lapas Banyuwangi dipajang di galeri ini. Yakni berupa aneka kerajinan tangan, berbagai aksesoris dan kain batik tulis yang menjadi khas buatan mereka.

Anna menyebut, keberadaan Galeri Osing Jeruji ini sebagai salah satu langkah nyata Lapas Banyuwangi mendorong narapidana menjadi enterpreneur. Diharapkan, setelah bebas nanti mereka dapat memiliki usaha yang menjanjikan.

“Saya harapkan menjadi pengingat sekaligus pemicu, setelah bebas nanti semoga ini menjadi bekal mereka untuk mulai bisnis," katanya.

3. Jadi bekal ide usaha saat bebas nanti

Lapas Banyuwangi Punya Galeri Karya Warga dari Balik JerujiPeresmian Galeri baru khusus pemasaran produk warga Lapas Banyuwangi. (IDN Times/ Agung Sedana)

Sementara itu, Kepala Lapas Banyuwangi Agus Wahono mengatakan bahwa Galeri Osing Jeruji juga menjadi sarana yang dapat mengedukasi masyarakat. Menurutnya, meski berada di tempat yang terbatas, namun mereka dibimbing untuk menyalurkan kreatifitas yang dimiliki.

“Produk hasil karya Warga Binaan tentunya tidak kalah dengan yang beredar di pasaran. Kami terus memberikan wadah kepada mereka untuk menyaluran kreatifitasnya sebagai bekal yang dapat mereka manfaatkan ketika nantinya telah kembali ke masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga: Penunggu Misterius Alas Purwo Banyuwangi, Mitos Sosok Gayatri

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya