Geger! Macan Tutul Gunung Raung Turun ke Lahan Warga Banyuwangi

Macan Tutul turun gunung sejak Raung erupsi terakhir kali

Banyuwangi, IDN Times - Sedang hangat menjadi perbincangan warga Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, beredar desas-desus adanya seekor macan tutul yang berkeliaran di ladang warga.

Sontak, desas-desus inipun meluas dari mulut ke mulut. Sejumlah warga yang bermukim tepat di daerah pegunungan merasa was-was.

1. Lebih dari seekor

Geger! Macan Tutul Gunung Raung Turun ke Lahan Warga Banyuwangiilustrasi hutan belantara dan alam liar (unsplash.com/Sebastian Unrau)

Beberapa warga yang menyaksikan penampakan macan tutul tersebut merasa takut. Terbaru, macan tutul lereng Gunung Raung itu diketahui warga menampakkan diri pada pagi ini, Minggu (4/12/2022).

"Warga melaporkan kepada kami adanya macan tutul di ladang mereka. Tepatnya di Dusun Kampunganyar," kata Kepala Desa Sumberarum, Ali Nurfathoni. 

Toni menyebut, laporan ini merupakan kesekian kalinya yang dia terima dari warganya. Tidak hanya satu ekor saja, warga setempat bahkan juga melihat macan tutul dengan ukuran cukup besar. 

Baca Juga: Kisah Heroik Mbah Suwandi, Veteran Lembah Gunung Raung Banyuwangi

2. Dilarang untuk diburu

Geger! Macan Tutul Gunung Raung Turun ke Lahan Warga Banyuwangipexels/pixabay

Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan predator tersebut hingga nekat turun gunung dan keluar dari hutan. Padahal, jarak dari ladang warga ke perbatasan hutan terdekat cukup jauh. 

"Agak jauh dari hutan. Sudah seminggu ini kita mendapatkan laporan. Macan tutul yang terakhir bertemu warga itu berukuran besar," kata Toni. 

Untuk sementara ini, warga yang bermukim di lereng Gunung Raung diminta untuk tetap waspada. Warga diimbau agar tidak pergi seorang diri saat beraktivitas di ladang. Terutama yang lokasi berdekatan dengan hutan Gunung Raung. 

"Kita sosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati. Meskipun meresahkan, namun warga dilarang keras memburu satwa tersebut," ungkap Toni.

3. Diduga turun gunung sejak Raung erupsi

Geger! Macan Tutul Gunung Raung Turun ke Lahan Warga BanyuwangiGunung Raung via Banyuwangi. (IDN Times/ Agung Sedana)

Berdasarkan penelusuran IDN Times di Banyuwangi, pertama kali keresahan warga soal macan turun gunung muncul sejak bulan Juli lalu. Beberapa hari sebelum Gunung Raung mengalami erupsi pada 27 Juli 2022. 

Eko Wahyudi warga setempat, mengaku bahwa macan tutul tersebut pada awalnya tidak berani menampakkan diri di siang bolong. Hanya sebatas meninggalkan jejak jelas atau suara geraman saja. Jejak paling jelas ada di pasir di pinggiran sungai.

"Ya waktu itu saya tidak tahu pasti itu hewan apa, sepertiya sebangsa macan kalau dilihat dari kulitnya. Kejadiannya sebelum raung erupsi kemarin, cuman sebatas jejak atau suara-suara gitu," ungkap Eko. 

Baca Juga: Gunung Raung Naik Level Jadi Waspada

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya