Demokrat Jember Bersyukur Belum Bentuk Relawan Pemenangan Anies

Akankah Demokrat gabung di kubu lainnya atau absen total?

Jember, IDN Times – Partai Demokrat secara resmi telah mengumkan pencabutan dukungannya kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024 mendatang. Partai Demokrat menilai manuver Anies Baswedan dicap telah menyeleweng dari akad koalisi yang sudah dibentuk sebelumnya. Anies sendiri akhirnya menggandeng Muhaimin Iskandar sebagai calon wakil presiden.

Baca Juga: Gaduh Duet Anies-Cak Imin, PKS Pastikan Tetap Dukung di Pilpres 2024

1. Demokrat Jember belum bentuk tim pemenangan

Demokrat Jember Bersyukur Belum Bentuk Relawan Pemenangan AniesIlustrasi kampanye. (IDN Times/ Agung Sedana)

Ketua DPC Partai Demokrat Jember, Tri Sandi Apriana bersyukur belum melakukan langkah lebih jauh terkait pemenangan Anies. Ia merasa lega dengan pencabutan dukungan ini karena Demokrat Jember belum sempat membentuk tim dan relawan pemenangan Anies. Perihal relawan lain, Tri Sandi mengaku itu bukan bentukan dari Partai Demokrat.

"Dari partai Demokrat sendiri kami belum membentuk. Tetapi kalau relawan pendukung pak Anies Baswedan lainnya, silahkan saja. Namun itu bukan atas nama partai," kata Tri Sandi, Sabtu (2/9/2023).

2. Kecewa, Anies PHP Demokrat

Demokrat Jember Bersyukur Belum Bentuk Relawan Pemenangan AniesIlustrasi Pemilu 2024. (IDN Times/ Agung Sedana)

Tri Sandi mengatakan, ia tak ingin blunder dengan terburu-buru membentuk tim pemenangan dan relawan dari Partai Demokrat. Hingga tersiar kabar Anies memihak ke PKB dengan menggandeng Muhaimin Iskandar, ia bersyukur dengan sikap kehati-hatiannya itu. 

Menurutnya, jauh hari memang ada usulan terkait pembangunan posko dan pembentukan tim pemenangan. Namun hal itu tidak ia lakukan, mengingat sifat politik yang cukup dinamis saat ini. 

"Memang ada sebelumnya usulan membentuk posko relawan dan lain-lain. Tetapi saya sampaikan tidak usah terlalu jor-joran dulu. Karena kami berharap Wapresnya itu mas Ketum,  tetapi kalau tidak jadi bagaimana, sehingga kami pun juga patut hati-hati," sambung Tri Sandi.

3. Jember bersih-bersih atribut Anies

Demokrat Jember Bersyukur Belum Bentuk Relawan Pemenangan AniesIlustrasi kampanye. (IDN Times/ Agung Sedana)

Namun ia mengakui, bahwa Demokrat Jember sejauh ini sudah memasang ratusan bahkan ribuan atribut gambar Anies di berbagai sudut kota. Selain itu, Demokrat Jember juga sudah terlanjur mengudarakan nama Anies di seluruh sosial media.

Atas penghianatan ini, Tri Sandi memerintahkan kepada semua kader untuk mencopot dan menghapus jejak digital yang sudah beredar. Sejak Jumat 1 Agustus 2023 sore, Tri Sandi menjamin bahwa seluruh atribut Partai Demokrat bergambar Anies Baswedan sudah hilang. 

"Karena kami taat pada struktur partai, dimana siapapun yang mengusung Mas AHY sebagai Cawapres pasti kami dukung. Jadi sejak ada instruksi pencopotan baliho, kami lakukan bahkan informasi yang ada di sosial media soal Anies Baswedan juga sudah kami hapus, total," cetusnya.

Baca Juga: Demokrat Sebut Anies Terima Penetapan Cak Imin sebagai Bakal Cawapres

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya