Banyuwangi Dikepung Banjir, 3 Ribu Lebih Warga Terdampak

Banjir mulai dari ketinggian 40 sentimeter hingga 1 meter

Banyuwangi, IDN Times - Dalam sepekan belakangan ini, banjir terjadi di beberapa daerah di Banyuwangi, Jawa Timur. Akibatnya, ratusan rumah warga terendam genangan air. Tidak hanya itu, banjir juga merusak belasan hektar sawah dan bahkan sudah merenggut nyawa.

1. Puluhan rumah rusak

Banyuwangi Dikepung Banjir, 3 Ribu Lebih Warga TerdampakRumah warga Banyuwangi terendam banjir. (Dokumentasi Pemkab Banyuwangi)

Berdasarkan data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, mencatat ada sedikitnya 3.245 penduduk yang terdampak banjir. Jumlah tersebut belum termasuk penduduk yang bermukim di Banyuwangi wilayah selatan. 

"Data sementara warga yang terdampak banjir ini sekitar 3.245 jiwa," kata Kalaksa BPBD Banyuwangi Ilzam Nuzuli, Selasa (18/2/2022).

Ilzam merinci, dari jumlah tersebut sebanyak 1.424 adalah penduduk di pemukiman Kelurahan Kertosari. Sementara di Kelurahan Sobo terdata sebanyak 376 orang dan 1.445 warga terdampak di Kelurahan Pakis. 

"Sedangkan kerusakan, ada 11 rumah rusak parah, 6 rumah rusak sedang, dan 48 rumah rusak ringan," ujar Ilzam.

Baca Juga: 6 Tempat Makan Sate Kambing, Jamur, dan Ayam di Banyuwangi

2. Pengungsian rumah susun

Banyuwangi Dikepung Banjir, 3 Ribu Lebih Warga TerdampakBanjir di Banyuwangi. (Dokumentasi Pemkab Banyuwangi)

Ilzam menyebut, Pemkab Banyuwangi saat ini sedang menyiapkan rumah susun untuk pengungsian sementara para warga terdampak banjir. Namun demikian, beberapa warga masih memilih untuk bertahan di rumah atau mengungsi ke rumah sanak saudara.

"Sudah disiapkan tempat pengungsian sementara di Rusunawa. Tidak semua mau, ada yang memilih tinggal sementara bersama saudaranya," jelas Ilzam. 

Ilzam mengatakan, banjir yang terjadi di wilayah Banyuwangi Kota bersumber dari luapan air sungai. Setidaknya ada 4 sungai yang menjadi penyumbang banjir, yakni Sungai Kali Sobo, Sungai Kalilo, Sungai Kali Bagong dan Sungai Kaligulung.

3. Dapur umum sediakan 3.500 porsi setiap hari

Banyuwangi Dikepung Banjir, 3 Ribu Lebih Warga TerdampakDapur umum di Banyuwangi. (Dokumentasi Pemkab Banyuwangi)

Pemkab Banyuwangi saat ini juga telah membangun beberapa fasilitas darurat untuk para warga yang terdampak banjir. Melalui dapur umum, setiap pagi dan sore disiapkan sedikitnya 3.500 porsi makan untuk warga. 

Selain bantuan makanan, Pemkab Banyuwangi juga telah membangun posko medis. Posko medis ini dikhususkan untuk memastikan setiap warga terdampak banjir tidak mengalami jatuh sakit atau bisa memberikan pertolongan secepatnya saat dibutuhkan. 

"Sejumlah skema penanganan sudah dilakukan, bantuan evakuasi juga terus diterjunkan," katanya.

Baca Juga: Terisolir Longsor, Warga Sukamade Banyuwangi Kehabisan Makanan

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya