Wisatawan China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen Banyuwangi

Wisatawan diimbau hindari spot foto ekstrem

Banyuwangi, IDN Times - Seorang wisatawan asing asal China tewas saat berlibur di Banyuwangi, Jawa Timur, pada Sabtu (20/4/2024). Wisatawan berjenis kelamin wanita itu dilaporkan terjatuh ke jurang Kawah Ijen setelah melakukan foto dokumentasi di atas tebing dengan jurang yang dalam.

1. Korban tewas di tempat

Wisatawan China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen BanyuwangiKawah ijen Banyuwangi (Foto: IDN Times/Agung Sedana)

Menurut laporan yang diterima IDN Times, wisatawan tersebut berinisial HL, seorang wanita berusia 31 tahun. Korban meninggal setelah terjatuh dari tebing ke dalam jurang di kawasan Kawah Ijen. Diperkirakan kedalaman jurang sedalam 75 meter lebih.

"Korban dalam kondisi meninggal dunia, terdapat luka benturan dan patah tulang," ungkap Kapolsek Licin, AKP Junaedi, Minggu (21/4/2024).

Baca Juga: Dalang Kebakaran Hutan Kawasan Gunung Ijen Ditangkap 

2. Diduga terjatuh akibat tersandung rok sendiri

Wisatawan China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen BanyuwangiKawah ijen Banyuwangi (Foto: IDN Times/Agung Sedana)

Menurut keterangan Kabid BKSDA Wilayah III Purwantono, korban diketahui sedang mendaki Kawah Ijen bersama suaminya ZY (32). Keduanya ditemani oleh seorang pemandu. Menurut keterangan saksi yang dihimpun Purwantono, korban sedang berfoto di pinggiran jurang. Dugaan sementara korban terjatuh ke jurang setelah tersandung rok panjang yang dia kenakan.

"Diduga kaki korban tersandung rok yang dipakai dan terpeleset jatuh ke jurang. Kejadian itu disaksikan guide dan suami korban," kata Purwantono.

3. Jenazah dibawa pulang ke Cina

Wisatawan China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen BanyuwangiKawah ijen Banyuwangi (Foto: IDN Times/Agung Sedana)

Setelah terjatuh, kejadian tersebut menyedot perhatian seluruh pengunjung yang mendaki Kawah Ijen. Tim khusus diterjunkan untuk melakukan evakuasi terhadap korban. Namun sayangnya nyawa wisatawan Cina tersebut tidak terselamatkan.

Tim evakuasi membutuhkan waktu lebih dari dua jam untuk melakukan evakuasi. Terjalnya jurang membuat tim sempat mengalami kesulitan untuk menjangkau tubuh korban. Setelah dievakuasi, pihak keluarga berencana membawa jenazah korban pulang ke Cina untuk dimakamkan.

Baca Juga: Kawasan Kawah Ijen Terbakar, Dua Hari Api Baru Padam

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Sebagus-bagusnya tulisan, adalah tulisan yang menginspirasi, membangun, dan mengedukasi. Setiap orang berhak mendapatkan informasi yang benar-benar akurat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya