Tingkat Kecamatan Hampir Rampung, KPU Banyuwangi Kebut Rekapitulasi

Rekap maraton, istirahat dini hari mulai lagi pagi

Banyuwangi, IDN Times - Proses rekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilu 2024 di Banyuwangi, Jawa Timur, memasuki babak akhir di tingkat Kecamatan. Hari ini, Kamis (22/2/2024) rekapitulasi berlangsung untuk daftar desa urutan terakhir di masing-masing kecamatan. Rekapitulasi dilakukan dengan membacakan kertas plano per-TPS.

1. Rekap desa terakhir di kecamatan

Tingkat Kecamatan Hampir Rampung, KPU Banyuwangi Kebut RekapitulasiProses rekap hasil pemungutan suara. (IDN Times/ Agung Sedana)

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Banyuwangi, Ari Mustofa menyatakan, hari ini di setiap kecamatan masih berlangsung proses rekapitulasi. Dia mengatakan, ada sejumlah satu hingga dua desa di setiap kecamatan yang melakukan rekapitulasi hari ini.

"Sampai hari ini untuk satu kecamatan itu ada yang menyisakan satu atau dua desa yang belum rampung direkap. Itu masih berlangsung sampai hari ini di tingkat Kecamatan," kata Ari kepada IDN Times.

2. Rekap manual per kotak suara

Tingkat Kecamatan Hampir Rampung, KPU Banyuwangi Kebut RekapitulasiProses rekap hasil pemungutan suara. (IDN Times/ Agung Sedana)

Ari mengatakan, rekapitulasi dilakukan sejak hari Minggu 18 Februari lalu. Proses rekap dilakukan dengan membacakan hasil penghitungan surat suara yang dilakukan oleh KPPS di setiap TPS. Secara bersamaan, petugas penyelenggara tingkat kecamatan juga mencocokkan hasil di aplikasi Sirekap. Sementara saksi yang hadir langsung menyaksikan, mengoreksi dan mengesahkan jalannya rekapitulasi.

"Proses disaksikan oleh saksi dan diawasi oleh Bawaslu. Jadi ada lima plano yang kemudian dibacakan untuk setiap TPS. Mulai dari hasil penghitungan surat suara capres-cawapres hingga DPRD Kabupaten. Selanjutnya, hasil tersebut direkap oleh PPK melalui aplikasi," katanya.

3. Rela kurang tidur demi Pemilu lancar

Tingkat Kecamatan Hampir Rampung, KPU Banyuwangi Kebut RekapitulasiKPPS di Banyuwangi masih kerja hingga pagi. (IDN Times/ Agung Sedana)

Ari mengatakan, proses rekapitulasi ini dilakukan secara maraton. Dia menyebut, satu desa kurang lebih membutuhkan waktu satu hari untuk merampungkan proses rekapitulasi. Namun, ada beberapa desa terkecuali yang membutuhkan dua hari atau bahkan lebih.

"Setiap desa itu mempunyai jumlah TPS yang berbeda-beda, tentunya waktu rekapitulasi juga berbeda. Ada yang satu hari ada yang lebih," katanya.

Menurutnya, KPU Banyuwangi menargetkan proses rekapitulasi di tingkat kecamatan bisa rampung keseluruhan pada Jumat 23 Februari besok. Meskipun PPK dan PPS dituntut untuk kerja secara cepat, namun Ari menginstruksikan agar masing-masing tetap menjaga kesehatan.

"Cepat itu boleh, namun yang paling penting tepat. Tetap jaga kesehatan, karena proses rekapitulasi masih akan terus berlanjut hingga ke tingkat kabupaten. Tetap profesional dan jaga integritas penyelenggara," cetus Ari.

Baca Juga: Bantuan Paving Diambil, Warga Banyuwangi Sebut dari Caleg NasDem 

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Sebagus-bagusnya tulisan, adalah tulisan yang menginspirasi, membangun, dan mengedukasi. Setiap orang berhak mendapatkan informasi yang benar-benar akurat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya