Nelayan Hilang Banyuwangi: Satu Ketemu, Dua Masih Dicari

Pencarian terus dilanjutkan, area diperluas

Banyuwangi, IDN Times – Pencarian terhadap sejumlah nelayan yang hilang usai terbaliknya kapal Mekar Jaya di kawasan pantai Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, Jawa Timur, membuahkan hasil. Pada hari pencarian ke-5 ini, tim SAR gabungan berhasil menemukan satu korban hilang dengan kondisi tak bernyawa pada Minggu (10/9/2023).

1. Mayat dalam kondisi utuh

Nelayan Hilang Banyuwangi: Satu Ketemu, Dua Masih DicariIlustrasi tenggelam. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Koordinator Pos Basarnas Banyuwangi Wahyu Setya Budi mengatakan, nelayan yang berhasil ditemukan tersebut adalah Suprianto (32), warga Desa Gumukrejo, Kecamatan Purwoharjo. Korban ditemukan di di lautan lepas Pantai Selatan, sekitar 2,9 kilometer dari titik kecelakaan. Secara keseluruhan, kondisi mayat korban masih utuh. 

"Korban ditemukan oleh tim SAR gabungan dalam pencarian hari kelima pukul 10.10 WIB," kata Wahyu kepada IDN Times, Minggu (10/9/2023).

Baca Juga: Nelayan Banyuwangi Dihantam Ombak, 4 Tewas dan 3 Hilang

2. Update terkini: 5 korban ditemukan tewas, 2 masih hilang

Nelayan Hilang Banyuwangi: Satu Ketemu, Dua Masih DicariIlustrasi tenggelam. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Wahyu menyebut, kondisi jenazah dalam posisi mengambang di perairan. Selanjutnya jenazah dievakuasi tim SAR gabungan ke Pelabuhan Grajagan. Sesampainya di pantai Grajagan, pihak keluarga korban yang saat itu berada di pantai langusung membawa pulang jenazah korban untuk segera dimakamkan. Kemudian, tim SAR gabungan kembali meneruskan proses pencarian dua nelayan lain yang masih hilang, yakni adalah Tolib (55), dan Dorik (60).

“Korban sudah diserahkan ke pihak keluarga, Setelah itu, tim SAR gabungan kembali melanjutkan pencarian korban lain yang belum ditemukan,” katanya.

3. Kapal diempas ombak besar hingga terbalik

Nelayan Hilang Banyuwangi: Satu Ketemu, Dua Masih DicariIlustrasi mayat. (IDN Times/Mia Amalia)

Dengan ditemukannya Suprianto, maka korban tewas atas insiden kecelakaan kapal Mekar Jaya kini berjumlah 5 orang. Diberitakan sebelumnya, sebuah kapal nelayan dilaporkan mengalami kecelakaan di kawasan pantai Grajagan. Kapal Mekar Jaya yang sedang mengangkut 27 orang dihantam gelombang tinggi pada Selasa (5/9/2023) tengah malam.

Nahas kapal tersebut terjadi sekitar pukul 23:45 WIB. Saat itu Kapal Mekar Jaya sedang perjalanan sandar ke Pelabuhan Gerajagan. Namun tiba-tiba saja ombak besar terjadi dan mengempaskan kapal tersebut hingga terbalik.

Adapaun identitas dari para korban meninggal lainnya yakni, Marno (60) warga Tembokrejo, Muncar, Toso (55) warga Kebaman Srono, dan Wakik (35) warga Jember, Suprianto (30) warga Purwoharjo. Sementara untuk identitas 2 korban masih dalam pencarian adalah Tolib (55), warga Bojonegoro, Dorik (60) warga Cluring.

"Pencarian hari ditutup. Kita masih akan melanjutkan pencarian besok pagi lagi," pungkas Wahyu.

Baca Juga: Nelayan Pantai Prigi Berdoa Berharap 8 Korban Hilang Ditemukan

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya