Mantan Bupati Banyuwangi Ambil Formulir Pendaftaran Pilkada

Ratna adalah wanita pertama yang menjadi bupati Banyuwangi

Banyuwangi, IDN Times - Mantan Bupati Banyuwangi periode 2005-2010, Ratna Anilestari mengambil formulir pendaftaran bakal calon kepala daerah untuk Pilkada 2024 mendatang. Ratna nampak berambisi untuk bisa kembali eksis di dunia perpolitikan di Banyuwangi.

Baca Juga: Golkar Lirik Handoko Projo dan Ipuk Fiestiandani di Pilkada Banyuwangi

1. Ambil formulir ke PDI Perjuangan

Mantan Bupati Banyuwangi Ambil Formulir Pendaftaran PilkadaRatna Ani Lestari mengambil berkas pendaftaran bakal calon bupati Banyuwangi. (IDN Times/ Agung Sedana)

Pagi ini, Ratna bersama rombongan mendatangi kantor DPC PDI Perjuangan untuk mengambil formulir pendaftaran. Ratna berencana segera melengkapi berkas tersebut dan mengembalikannya sebagai tanda lamaran resmi terhadap PDIP. Ratna mengatakan, keputusan nyemplung kembali ke politik ini merupakan keinginan pribadi dan dorongan sejumlah tokoh.

"Iya ini pengambilan formulir pendaftaran untuk bakal calon kepala daerah. Bagian dari keinginan saya pribadi juga bagian dari teman2 kader PDI lama, tim saya masih kompak. Ini bagian dari panggilan jiwa untuk mengabdi," kata Ratna, Sabtu (27/4/2024).

Ketua Panitia Pendaftarann bakal calon bupati Banyuwangi PDI Perjuangan DPC Banyuwangi, Eko Sukartono mengatakan, sudah ada beberapa orang yang mengambil formulir melalui PDIP. Diantaranya, Ratna Anilestari mantan bupati, Ketua DPC Gerindra Banyuwangi Sumail Abdilah dan beberapa orang lainnya. Eko mengatakan, PDIP membuka lebar kepada siapapun yang ingin mendaftarkan diri.

"Iya hari ini ada bu Ratna yang mengambil formulir. Pendaftaran melalui PDIP ini sifatnya terbuka. Siapapun silahkan," kata Eko.

2. Ratna juga ambil di PKB

Mantan Bupati Banyuwangi Ambil Formulir Pendaftaran PilkadaRatna Ani Lestari mengembalikan pendaftaran Pilkada Banyuwangi ke PKB. (IDN Times/ Agung Sedana)

Tidak hanya ke PDIP, Ratna diketahui juga sudah merampungkan proses pendaftaran secara resmi ke PKB. Beberapa waktu lalu, pada Rabu 24 April 2024 Ratna mengembalikan dokumen pendaftaran yang sudah terisi ke kantor DPC PKB Banyuwangi.

"Itu sudah saya kembalikan berkasnya karena sudah diisi secara lengkap. Atas dukungan semuanya saya siap kembali maju Pilkada," katanya.

3. Sejarah singkat Ratna Ani Lestari

Mantan Bupati Banyuwangi Ambil Formulir Pendaftaran PilkadaRatna Ani Lestari mengambil berkas pendaftaran bakal calon bupati Banyuwangi. (IDN Times/ Agung Sedana)

Sekilas tentang ratna, dia merupakan wanita pertama dalam sejarah Pemkab Banyuwangi yang menjadi bupati. Ratna lahir 6 Desember 1965 dengan latar belakang kiai sebagai ayahnya. Ratna menikah dengan seorang pria bernama I Gede Winasa, yang kemudian suaminya itu terpilih menjadi Bupati Jembrana, Bali.

Pada pesta demokrasi Pilkada 2005 silam, Ratna diusung oleh belasan partai gurem. Di mana belasan partai tersebut tidak satupun yang menduduki kursi legislatif DPRD banyuwangi. Namun, hasil mengejutkan menghantar Ratna Ani Lestari menjadi bupati terpilih dengan perolehan suara lebih dari 39 persen. Ratna mengungguli rivalnya yang diusung partai-partai raksasa.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Evaluasi Insiden Turis Tewas di Kawah Ijen

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Sebagus-bagusnya tulisan, adalah tulisan yang menginspirasi, membangun, dan mengedukasi. Setiap orang berhak mendapatkan informasi yang benar-benar akurat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya