Wah, Ada Mak Lampir Ikut Nyoblos di Banyuwangi

#GenZMemilih Bukannya kabur, warga malah mendekat

Banyuwangi, IDN Times - Ada momen unik di TPS 07, Dusun Wonorekso, Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, Jawa Timur. Tokoh legendaris karya fiksi Misteri Gunung Merapi, Mak Lampir, ikutan nyoblos pada Pemilu 2024.

Hadirnya sosok yang glamor dengan ciri warna kulit hijau gelap menyeramkan ini, sontak membuat pemilih lainnya merinding. Meskipun ini hanyalah cosplay, namun kehadiran Mak Lampir itu mampu menyedot perhatian publik untuk segera datang ke TPS.

Usut punya usut, ada seorang pria bernama Slamet Suwito dibalik makeup menyeramkan tersebut. Dia merupakan seniman lokal yang cukup familiar Banyuwangi. Dia dikenal dengan nama panggung Mamet.

Mamet mengatakan, alasannya tampil sebagai Mak Lampir untuk meramaikan pesta demokrasi saat ini. Di lain sisi, dia ingin menyedot perhatian masyarakat agar ramai-ramai segera datang ke TPS.

"Kan jadi ramai, masyarakat yang penasaran akhirnya datang ke TPS. Yang sebelumnya males nyoblos dan golput, sekarang jadi hadir karena Mak Lampir ini," jelasnya.

Mamet mengatakan, nyaris setiap minggu berpenampilan Mak Lampir. Biasanya ia berdandan Mak Lampir untuk menghibur pengunjung pasar rakyat Wit-witan yang menjadi ikon di desa setempat.

Ketua TPS 07, Fikril Hadi menyampaikan apresiasinya terhadap ide kreatif yang digagas Mamet. Menurutnya cara itu cukup efektif untuk menarik minat dan partisipasi masyarakat untuk mencoblos. "Terimakasih kepada beliau yang sudah membantu untuk mendongkrak partisipasi masyarakat di TPS ini," katanya.

Baca Juga: Anas dan Bupati Ipuk Nyoblos di Banyuwangi, Ajak Jangan Golput

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Sebagus-bagusnya tulisan, adalah tulisan yang menginspirasi, membangun, dan mengedukasi. Setiap orang berhak mendapatkan informasi yang benar-benar akurat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya