KPU Banyuwangi Mulai Rekapitulasi Final, Target Rampung 4 Hari

Rekapitulasi diperkirakan maksimal membutuhkan waktu 4 hari

Banyuwangi, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi memulai rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu 2024. Rekapitulasi start hari ini, Rabu 27 Februari 2024 pukul 13:00 WIB bertempat di ballroom hotel El Royale. Rekapitulasi akan berlangsung selama 4 hari yang akan berakhir pada Sabtu 2 Maret 2024.

1. Hitung-hitung per dapil

KPU Banyuwangi Mulai Rekapitulasi Final, Target Rampung 4 HariProses rekap hasil pemungutan suara. (IDN Times/ Agung Sedana)

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Banyuwangi, Ari Mustofa mengatakan, rekapitulasi tingkat kabupaten ini dilakukan setelah sebelumnya dipastikan rampung di tingkat kecamatan. Dalam prosesnya, rekapitulasi ini dilakukan secara bergiliran tiap-tiap kecamatan. Dimulai dari kecamatan di Daerah Pilihan (Dapil) 8, berurutan mundur hingga dapil 1 paling terakhir.

"Proses rekapitulasi dilakukan secara berurutan berdasarkan dapil. Mulai delapan dulu, sampai selesai. Teknisnya setiap kecamatan akan dinahkodai oleh PPK dari lingkup kerja bersangkutan," kata Ari kepada IDN Times.

Baca Juga: Update Real Count KPU: Prabowo-Gibran Belum Terkejar, Masih Nomor Satu

2. Rekapitulasi akan digelar terbuka

KPU Banyuwangi Mulai Rekapitulasi Final, Target Rampung 4 HariProses rekap hasil pemungutan suara. (IDN Times/ Agung Sedana)

Ari mengatakan, proses rekapitulasi ini sifatnya digelar secara terbuka. Dia menyebut, siapapun diperbolehkan untuk mengikuti. Namun ada tata tertib pembatasan perseorangan untuk memasuki ruangan rekapitulasi. Pembatasan ini dilakukan agar proses rekapitulasi berjalan dengan lancar.

Selain dihadiri oleh peserta pemilu, rekapitulasi ini juga melibatkan TNI Polri untuk proses pengamanan. KPU juga melibatkan unsur lainnya seperti BPBD dan Damkar untuk mitigasi dan pencegahan atau penanganan kebencanaan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk kelancaran proses rekapitulasi hari ini. Semoga berjalan dengan lancar," kata Ari.

3. Daftar urutan rekapitulasi per dapil

KPU Banyuwangi Mulai Rekapitulasi Final, Target Rampung 4 HariProses rekap hasil pemungutan suara. (IDN Times/ Agung Sedana)

Ari mengatakan, rekapitulasi akan dikebut selama tiga hari. Sementara di hari terakhir yakni Sabtu 2 Maret, KPU Banyuwangi akan menggelar pleno finalisasi seluruh hasil rekapitulasi.

"Hari ini rekapitulasi untuk dua dapil, besok langsung empat dapil, terakhir dua dapil. Untuk pleno finalisasi hasil rekapitulasi bisa dilakukan di hari Jumat setelah selesai untuk dapil terakhir, atau besok di hari Sabtu. Tergantung jam berapa selesainya," kata Ari.

Berikut daftar urutan dapil dan kecamatan yang melakukan rekapitulasi di hotel El Royale Banyuwangi.

  • Rabu 28 Februari 2024

Rekapitulasi dimulai dari dapil 8 yang meliputiapi Kecamatan Giri, Kecamatan Wongsorejo, Kecamatan Kalipuro dan Kecamatan Licin. Kemudian disusul dapil 7 yakni Kecamatan Singojuruh, Kecamatan Songgon dan Kecamatan Sempu.

  • Kamis 29 Februari 2024

Kemudian dapil 6 yakni Kecamatan Genteng, Kecamatan Glenmore dan Kecamatan Kalibaru. Selanjutnya dapil 5 yang meliputi Kecamatan Cluring, Kecamatan Gambiran dan Kecamatan Tegalsari. Lalu dapil 4 meliputi Kecamatan Pesanggaran, Bangorejo, Purwoharjo dan Siliragung. Dapil Banyuwangi 3 meliputi Kecamatan Tegaldlimo dan Muncar.

  • Jumat 1 Maret 2024

Terakhir rekapitulasi dijadwalkan untuk dua dapil tersisa. Yakni dapil 2 yang meliputi Kecamatan Srono, Kecamatan Rogojampi dan Kecamatan Blimbingsari. Selanjutnya dapil 1 meliputi Kecamatan Kabat, Kecamatan Glagah dan Kecamatan Banyuwangi.

  • Sabtu 2 Maret 2024

Pleno finalisasi seluruh hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 di Banyuwangi. Baik meliputi Pilpres dan Pileg (DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPD).

Baca Juga: KPPS di Banyuwangi Curhat Hambatan Utama Kerja di TPS

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Sebagus-bagusnya tulisan, adalah tulisan yang menginspirasi, membangun, dan mengedukasi. Setiap orang berhak mendapatkan informasi yang benar-benar akurat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya