Ketua Gerindra Banyuwangi Berharap Restu PDIP dan PKB di Pilkada

Sumail siap mendaftar dari partai manapun

Banyuwangi, IDN Times - Ketua DPC Gerindra Banyuwangi, Sumail Abdillah mendaftarkan diri sebagai kandidat bakal calon Bupati Banyuwangi pada Pilkada 2024 ini. Anggota DPR RI aktif itu berharap bisa mendaftarkan diri melalui partai PDI Perjuangan dan PKB.

1. Gerindra Banyuwangi tak bisa usung calon mandiri

Ketua Gerindra Banyuwangi Berharap Restu PDIP dan PKB di PilkadaIlustrasi kampanye. (IDN Times/ Agung Sedana)

Untuk diketahui, Gerindra sendiri di Banyuwangi meraih 6 kursi DPRD atau setara 12 persen. Sementara untuk mengusung calon sendiri harus memenuhi syarat batas 20 persen atau setara 10 kursi legislatif. Sebab itu, Gerindra tidak bisa maju Pilkada sendiri tanpa berkoalisi.

"Kami mendaftarkan Pak Sumail sebagai calon bupati. Pak Sumail juga mendapatkan intruksi dari pengurus pusat untuk maju di Pilkada Banyuwangi," kata Abdul Kadir, jubir pemenangan Sumail, Rabu (24/4/2024).

Baca Juga: Ditinggal Belanja, Balita di Banyuwangi Terkunci di Mobil

2. Hasrat besar Sumail gantikan Ipuk Fiestiandani

Ketua Gerindra Banyuwangi Berharap Restu PDIP dan PKB di PilkadaIlustrasi kampanye. (IDN Times/ Agung Sedana)

Saat ditanya mengapa membidik partai besar seperti PDI Perjuangan dan PKB, Kadir enggan menjabarkan gamblang. Entah itu spekulasi atau memang sudah kesepakatan di balik layar, Kadir menyebut tidak ada hal yang tidak mungkin dalam urusan politik.

"Hari ini kita mengambil formulir dari PDI-P dan PKB. Di dalam politik semuanya serba mungkin. Siapapun yang buka pendaftaran kami siap," katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Sumail Abdullah membenarkan jika dia mengirim utusan untuk mengambil formulir pendaftaran di DPC PDIP dan PKB. Sumail mengaku siap dan benar-benar memiliki hasrat untuk menjadi Bupati Banyuwangi.

"Ini bukti keseriusan saya akan maju sebagai bakal calon bupati Banyuwangi untuk tumbuh bersama bangun Banyuwangi. Kami butuh dukungan semua elemen," katanya.

3. PDIP sedang mencari sosok ideal

Ketua Gerindra Banyuwangi Berharap Restu PDIP dan PKB di PilkadaPDIP Banyuwangi buka pendaftaran bakal cabup-cawabup. (IDN Times/ Agung Sedana)

Sementara itu, Ketua panitia penjaringan bakal calon Pilkada 2024 DPC PDI Perjuangan Banyuwangi, Eko Sukartono mengatakan bahwa penjaringan ini bersifat terbuka. Menurutnya, semua orang terlepas dari statusnya bisa mendaftarkan diri melalui PDI Perjuangan. Baik itu internal partai, masyarakat umum dan kelompok lain-lainnya diluar internal PDIP.

"Berdasarkan dua surat yang kami terima, DPC PDI Perjuangan Banyuwangi membuka penjaringan putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan di usung PDI Perjuangan di Pilkada ini," katanya.

Baca Juga: Rugi Ratusan Juta, 28 Ribu Ayam Ternak di Banyuwangi Mati Terbakar

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Sebagus-bagusnya tulisan, adalah tulisan yang menginspirasi, membangun, dan mengedukasi. Setiap orang berhak mendapatkan informasi yang benar-benar akurat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya