Kebakaran Taman Nasional Baluran Meluas hingga 160 Hektare

Hutan kering angin kencang sebabkan api cepat menjalar

Situbondo, IDN Times – Kebakaran hutan dan lahan (Kahutla) yang melanda Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur meluas. Dilaporkan, luas hutan dan lahan yang terbakar di kawasan tersebut seluas 160,61 hektare terhitung sejak api pertama kali muncul pada Senin 25 September 2023 lalu.

1. Api merembet ke lereng Gunung

Kebakaran Taman Nasional Baluran Meluas hingga 160 HektareKebakaran hutan di TN Baluran, Situbondo (Instagram/btn_Baluran)

Humas Taman Nasional Baluran Situbondo, Joko Mulyono mengatakan, luas area di TN Baluran yang terbakar di hari pertama mencapai 88,66 hektare. Sedangkan di hari selanjutnya, api semakin menyebar hingga ke lereng gunung dan membakar lagi lahan seluas 71,95 hektare.

"Pada hari pertama dan hari kedua luas kebakaran hutan kami laporkan 88,66 hektare, dan hari ketiga 71,95 hektare. Semoga hari ini api bisa dikendalikan,” kata Joko, Jumat (29/9/2023)

Baca Juga: Taman Nasional Baluran Terbakar, Akses Wisatawan Ditutup Total

2. Angin kencang penyebab cepatnya lahan terbakar

Kebakaran Taman Nasional Baluran Meluas hingga 160 Hektareproses pemadaman api kebakaran TN Baluran Situbondo, (Instagram/btn_Baluran)

Joko mengatakan, jika pihaknya mengalami kesulitan untuk memadamkan api lantaran kencangnya hembusan angin dan banyaknya pohon serta ilalang kering yang mudah sekali terbakar. Bahkan pihaknya juga dibantu relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) dan 50 orang dari mitra taman nasional sekitar untuk memadamkan api.

"Embusan angin cukup kencang sehingga api dengan cepat menjalar dan kami sudah berusaha maksimal memadamkan api sejak awal diketahui kebakaran di Gunung Baluran," kata dia.

3. Akses wisatawan ditutup

Kebakaran Taman Nasional Baluran Meluas hingga 160 HektareTaman Nasional Baluran, Situbondo (Instagram/tn_baluran)

Sementara itu, Kepala Balai Taman Nasional Baluran Situbondo, Johan Setiawan telah mengambil langkah untuk menutup akses wisatawan ke TN Baluran Situbondo hingga 30 September 2023. Langkah ini diambil sebagai upaya meminimalisir adanya korban jiwa atas peristiwa kahutla tersebut. Selain itu, akses jalan ke TN Baluran Situbondo juga digunakan petugas untuk mobilisasi penanganan kebakaran hutan dan lahan di kawasan wisata tersebut.

Baca Juga: Tukang Sablon di Banyuwangi Cabuli Dua Siswi SD Sekaligus

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya