Honor Cair, Lesu Anggota KPPS di Banyuwangi Terobati 

Cair cair, Menyala Abangku! #GenZMemilih

Banyuwangi, IDN Times - Setelah kelelahan bertugas di TPS, ratusan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, Jawa Timur, bisa senyum sumringah. Lelah yang menumpuk setelah seharian penuh bekerja langsung terobati berkat honor yang cair hari ini, Jumat (16/2/2024).

1. LPJ selesai, honor cair

Honor Cair, Lesu Anggota KPPS di Banyuwangi Terobati Proses rekap hasil pemungutan suara. (IDN Times/ Agung Sedana)

Rudy Suhariyanto (33) seorang guru yang menjadi KPPS di TPS 09 di Dusun Tlogosari mengaku lega. Dia mengatakan, honor KPPS yang dia terima sebesar Rp1.100.000. Honor tersebut dia terima langsung secara tunai setelah merampungkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ).

"Cair mas, alhamdulilah disyukuri saja. Meskipun kemarin itu kerja pagi tembus pagi. Ya meskipun berat tapi akhirnya beres juga semuanya," kata Rudy dengan senyum lebar.

Baca Juga: KPPS di Banyuwangi Curhat Hambatan Utama Kerja di TPS

2. Bayaran tunai non potongan

Honor Cair, Lesu Anggota KPPS di Banyuwangi Terobati Proses rekap hasil pemungutan suara. (IDN Times/ Agung Sedana)

Rudy mengatakan, besaran honor anggota KPPS dan ketua berbeda. Terpaut selisih Rp100 ribu, lebih besar untuk honor ketua. Rudy bersyukur, tidak ada sunatan apapun dari honor yang dia terima. Selain honor KPPS, petugas Linmas pun juga mendapatkan bayaran hari ini. Bersamaan dengan selesainya LPJ dari setiap TPS yang ada.

"Alhamdulillah tidak ada potongan. Honor KPPS utuh, bayaran hansip juga utuh 700 ribu tidak ada potongan," ungkapnya.

3. Total honor capai setengah miliar lebih

Honor Cair, Lesu Anggota KPPS di Banyuwangi Terobati KPPS terima honor. (IDN Times/ Agung Sedana)

Sementara itu, PPS Desa Jambewangi Fitria Kusmarheni mengatakan, total honor yang diberikan kepada KPPS dan Limas per TPS senilai Rp9.200.000. Fitria menyebut, total kebutuhan honor KPPS dan Linmas di Desa Jambewangi senilai Rp598.000.000 dengan rincian kebutuhan 65 TPS.

"Honor mulai kami serahkan per hari ini kepada KPPS dan Linmas. Pengambilan diwakili oleh ketua KPPS yang kemudian didistribusikan ke petugas di TPS-nya, baik anggota dan linmas. Besaran honor sudah diatur oleh KPU dan dipublikasi secara terbuka," katanya.

Baca Juga: Saksi di Banyuwangi Ngeluh Tuntutan Partai Gak Sepadan Honor

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Sebagus-bagusnya tulisan, adalah tulisan yang menginspirasi, membangun, dan mengedukasi. Setiap orang berhak mendapatkan informasi yang benar-benar akurat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya