Ali-Ali Daftar Pilkada Banyuwangi, Siap Tantang Koalisi Gendut

Ali-Ali tak merasa ciut meski lawannya koalisi gendut

Banyuwangi, IDN Times - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi, M Ali Makki Zaini dan Ali Ruchi (Ali-Ali) resmi mendaftarkan diri maju Pilkada 2024. Diiringi barisan ulama dan santri, keduanya menuju KPU Banyuwangi sekitar pukul 13:00 WIB dan disambut keseluruhan Komisioner KPU. Meskipun hanya diusung oleh Partai PKB, namun keduanya tak ciut nyali.

1. Ali-Ali, filosofi cincin

Ali-Ali Daftar Pilkada Banyuwangi, Siap Tantang Koalisi GendutAli-Ali alias Ali Makki dan Ali Ruchi mendaftar ke KPU Banyuwangi. (IDN Times/ Agung Sedana)

Mirip dengan model eforia pendaftaran paslon Ipuk-Mujiono, paslon Ali-Ali juga berjalan kaki dan diiringi ribuan santri dan golongan kiai. Termasuk iringan kesenian tradisional juga menyertai pendaftaran keduanya.

Disebut sebagai pasangan Ali-Ali, pendukung mengklaim atas filosofi cincin. Yakni melingkar di jari manis dan melekat tanpa terputus. Diharapkan, sebagai pemimpin Ali-Ali dapat menjadi pemersatu masyarakat tanpa ada jarak.

"Kami mendaftarkan calon kami hari ini. Namanya sama Ali dan Ali. Ini mempunyai makna yang penting," kata Dewan Suro PKB Banyuwangi, Ghofar, Rabu (28/8/2024).

Baca Juga: Ipuk-Mujiono Target Menang Pilkada Banyuwangi Minimal 70 Persen

2. Targetkan menang, tak peduli angka

Ali-Ali Daftar Pilkada Banyuwangi, Siap Tantang Koalisi GendutAli-Ali alias Ali Makki dan Ali Ruchi mendaftar ke KPU Banyuwangi. (IDN Times/ Agung Sedana)

Gus Makki menyatakan, meskipun rivalnya diusung oleh 16 partai politik, dia tidak merasa ciut nyali. Menurutnya, Pilkada berbeda dengan Pemilu. Di mana pada pesta demokrasi ini, masyarakat menjadi kunci kemenangan. Bukannya mesin partai. Dia menyatakan, meskipun hanya diusung PKB namun optimis memenangkan kontestasi tahun ini.

"Kami menegaskan bahwa ini pilihan bupati, bukan pilihan partai politik. Kami koalisi bersama rakyat Banyuwangi. Kami kecil dan akan besar bersama PKB, menang juga bersama PKB. Semakin dianggap underdog, semakin kami berupaya membuktikan kemenangan itu" tegas Gus Makki.

Ditanya soal target perolehan suara nanti, Gus Makki tegas menyatakan tidak mementingkan perihal angka. Menurutnya, yang paling adalah menang. Tidak peduli berapapun angka perolehan suara nanti.

"Kita tidak ada target persentase. Bagi kami angka hanyalah sekedarnya. Namun kami tegaskan target satu-satunya adalah menang," katanya.

3. Sempat alami kendala saat verifikasi berkas pendaftaran

Ali-Ali Daftar Pilkada Banyuwangi, Siap Tantang Koalisi GendutAli-Ali alias Ali Makki dan Ali Ruchi mendaftar ke KPU Banyuwangi. (IDN Times/ Agung Sedana)

Ketua KPU Banyuwangi, Dian Purnawan mengatakan pendaftaran pasangan Ali-Ali dinyatakan lengkap dan diterima. Meskipun sempat ada kendala kecil terkait sinkronisasi berkas fisik dan softfile di Silon.

Meskipun hanya ada dua paslon saja, namun pendaftar akan ditutup hingga 29 Agustus 2024 pukul 23:59 WIB. Setelah ini, paslon yang terdaftar akan menjalani tes pemeriksaan kesehatan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

"Kami nyatakan lengkap dan bisa diterima. Meskipun ada sedikit kendala, namun sudah diselesaikan. Setelah ini, kami akan lakukan penelitian berkas hingga 6 September termasuk menjadwalkan pemeriksaan kesehatan pada bakal calon," kata Dian.

Baca Juga: Diusung 16 Partai, Ipuk-Mujiono Mendaftar ke KPU Banyuwangi

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Sebagus-bagusnya tulisan, adalah tulisan yang menginspirasi, membangun, dan mengedukasi. Setiap orang berhak mendapatkan informasi yang benar-benar akurat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya