Ternyata Ini Alasan Warga Banyuwangi Gelar Pesta Sunatan Kucing

Terkadang orang baik itu ada-ada saja jenisnya

Banyuwangi, IDN Times - Pada Jumat 26 Mei 2023 jagat sosial di Banyuwangi, Jawa Timur, dihebohkan atas beredarnya undangan acara sunatan (kebiri) kucing. Bahkan, sunatan kucing tersebut akan dirayakan layaknya tasyakuran khitanan seorang anak, meriah dan penuh hiburan.

1. Bukan sekadar kebiri biasa, yang ini mewah!

Ternyata Ini Alasan Warga Banyuwangi Gelar Pesta Sunatan KucingKucing milik warga Banyuwangi yang dikhitan meriah. (Istimewa)

Tak tanggung-tanggung, pemilik tiga ekor kucing yang diberi nama Cipak, Cipung dan Ciko, akan menghadirkan kesenian jaranan lokal dan orkes. Setelah ditelusuri, rupanya kucing tersebut adalah milik pasangan Bokianto (41) dan Indrawati (51).

"Kami suka dengan kucing. Juga termasuk hewan-hewan lainnya. Dirumah juga ada beberapa lainnya," kata Indrawati, Sabtu (27/5/2023).

Kedua pasutri tersebut merupakan warga Desa Kluncing, Kecamatan Licin. Selain menggelar pentas hiburan, mereka juga menyebarkan undangan tersebut ke khalayak sekitar. Untuk perayaan puncak sunatan kucing ini, mereka bahkan sudah mengurus izin keramaian.

2. Nazar menggelar hajatan

Ternyata Ini Alasan Warga Banyuwangi Gelar Pesta Sunatan KucingUndangan hajatan sunatan kucing. (Istimewa)

Indrawati menyebut jika pesta sunatan kucing ini digelarnya bukan semata-mata untuk sensasi viral atau hura-hura belaka. Berawal dari 7 bulan yang lalu, keluarganya menemukan tiga ekor kucing liar melintas di sekitar rumahnya. Saat itu, kondisinya cukup memprihatinkan.

"Kasihan, akhirnya saya rawat. Kasih makan dan juga susu kaleng itu," katanya.

Indrawati kemudian memungut kucing-kucing tersebut sebagai hewan peliharaan. Saat itu, Indrawati memiliki sebuah janji. Apabila kelak kucing ini sehat, dia akan melakukan kebiri dan menggelar pesta syukuran.

Satu diantara tiga kucing tersebut, sudah dikebiri pada Jumat kemarin. Sementara dua lainnya akan dikebiri hari ini. Sejauh ini kucing-kucing tersebut mendapatkan perlakuan yang sangat layak dari Indrawati. 

3. Cuek aja meski dianggap aneh orang lain

Ternyata Ini Alasan Warga Banyuwangi Gelar Pesta Sunatan KucingUndangan hajatan sunatan kucing. (Istimewa)

Ibu satu anak ini mengaku jika keluarganya sudah menabung beberapa bulan untuk pesta sunatan hewan peliharaannya itu. Meskipun niatnya baik, beberapa orang justru menertawakan. Tetangganya menilai, sunatan kucing yang dimeriahkan ini termasuk hal yang konyol.

Namun Indrawati dan keluarganya nampak cuek begitu saja. Dia menilai, dari sisi lain ia bisa mengumpulkan warga dan saudara untuk bersama-sama melihat hiburan serta makan-makan. Indrawati berharap, tiga ekor kucing yang akan dikebiri nanti bisa tetap sehat hingga waktu yang lama. Senang makan dan tidak keluyuran hingga beresiko keracunan tikus di sawah.

"Tidak aneh kok, niat kami baik. Ya ada beberapa yang cuman tertawa, tapi keluarga mendukung kok," ungkapnya.

Baca Juga: Viral Hajatan Sunatan Kucing di Banyuwangi, Hiburannya Orkes!

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya