Rugi Ratusan Juta, 28 Ribu Ayam Ternak di Banyuwangi Mati Terbakar

Ayam ternak itu masih berusia beberapa hari

Banyuwangi, IDN Times - Sebuah kandang ayam di Desa Wonosobo, Kecamatan Srono, Banyuwangi, Jawa Timur, terbakar. Akibatnya, sekitar 28 ribu ternak mati secara keseluruhan. Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

1. Terdengar suara ledakan mirip bom

Rugi Ratusan Juta, 28 Ribu Ayam Ternak di Banyuwangi Mati TerbakarIlustrasi api. (IDN Times/ Agung Sedana)

Menurut penjelasan petugas Damkar, Hery Siswanto, saksi mata sebelumnya sempat mendengar suara ledakan yang cukup keras. Ledakan tersebut terjadi pada dini hari sekitar pukul 01:30 WIB, Kamis (18/4/2024). Diduga suara tersebut bersumber dari tabung gas yang meledak.

"Keterangan saksi menyebut ada terdengar suara ledakan saat kebakaran itu terjadi," katanya.

Baca Juga: Ditinggal Belanja, Balita di Banyuwangi Terkunci di Mobil

2. Butuh waktu berjam-jam hingga padam

Rugi Ratusan Juta, 28 Ribu Ayam Ternak di Banyuwangi Mati TerbakarIlustrasi meminta tolong. (IDN Times/ Agung Sedana)

Mendengar ledakan keras tersebut, saksi mata bergegas mencari sumbernya. Ternyata api yang cukup besar sudah hampir melahap seluruh bangunan. Usaha pemadaman mandiri yang dilakukan berujung sia-sia. Kandang yang terbuat dari bambu dan kayu menyebabkan api merembet dengan cepat.

Tim Damkar yang datang mengerahkan 5 unit truk pemadam untuk melakukan pemadaman. Api dipastikan padam seluruhnya setelah 3 jam lebih upaya pemadaman dilakukan.

"Struktur kandang terbuat dari bambu dan kayu. Tim butuh waktu tiga jam lebih untuk memadamkan api," katanya.

3. Pemilik kandang merugi ratusan juta

Rugi Ratusan Juta, 28 Ribu Ayam Ternak di Banyuwangi Mati TerbakarIlustrasi tidak punya uang. (IDN Times/ Agung Sedana)

Sementara itu, Kapolsek Srono AKP Hendry Cristianto menyatakan penyebab kebakaran bersumber dari tabung gas. Tabung tersebut digunakan pemilik kandang untuk menjaga suhu kandang agar tetap hangat. Menurut rincian sementara yang disampaikan pemilik kandang kepada polisi, kerugian total mencapai ratusan juta.

"Karena semua bangunan kandang dan juga isinya sekitar 28 ribu ekor ayam ternak mati terbakar. Kerugian yang diderita oleh pemilik cukup besar," katanya.

Baca Juga: Mudik Lebaran, Pesawat Banyuwangi - Surabaya Bisa PP Setiap Hari

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Sebagus-bagusnya tulisan, adalah tulisan yang menginspirasi, membangun, dan mengedukasi. Setiap orang berhak mendapatkan informasi yang benar-benar akurat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya