Bus Study Tour SMP Malang Tabrak Truk di Tol Jombang, 2 Meninggal

Sopir Bus mengantuk saat mengemudi

Jombang, IDN Times - Bus pariwisata rombongan study tour SMP PGRI 1 Wonosari Kabupaten Malang menabrak truk di Tol Jombang-Mojokerto, tepatnya KM 695+400, pada Selasa (21/5/2024) sekitar pukul 23.45 WIB. Akibat kejadian jelang dini hari itu, 2 orang penumpang dinyatakan meninggal dunia dan belasan luka-luka.

"Kecelakaan ini mengakibatkan 2 orang meninggal, ada 15 penumpang luka, serta 33 orang selamat,” kata kepala unit 3 PJR Polda Jatim AKP Yudiono, dikonfirmasi, Rabu (22/5/2024).

1. Kernet dan Guru Meninggal

Bus Study Tour SMP Malang Tabrak Truk di Tol Jombang, 2 MeninggalIlustrasi jenazah (IDN Times/Mardya Shakti)

Berdasarkan data yang didapat, korban meninggal akibat kecelakaan tersebut adalah kernet bus bernama Edy Sulistiyono, warga Desa Bangle Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Satu lagi Edy Crisna Handaka seorang guru SMP PGRI 1 Wonosari yang merupakan warga Desa Ngebruk Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang.

"Kejadian ini yang meninggal 1 kernet sama 1 gurunya, untuk sopir bus kondisinya luka ringan," kata Yudhiono.

Baca Juga: Selfie Dekat Rel Kereta di Jombang, Santri Tewas Tersambar

2. Bus Pariwisata Rombongan Siswa SMP PGRI 1 Wonosari

Bus Study Tour SMP Malang Tabrak Truk di Tol Jombang, 2 MeninggalKendaraan truk yang ditabrak bus pariwisata di Tol Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Ia mengatakan, bus pariwisata yang mengalami kecelakaan maut membawa rombongan penumpang Study Tour para Siswa SMP PGRI 1 Wonosari Malang. Bus tersebut dikemudikan oleh Yanto (36) warga dusun Bendorejo, Desa Gembongan, Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Bus tersebut berjalan dari Jogyakarta menuju Malang.

"Saat melintas di Tol Jombang tepatnya di KM 695+400 jalur A Tol Jombang-Mojokerto bus oleng menabrak truk Nopol N-9674-UH bermuatan gerabah yang dikemudikan Arif Yulianto (37) warga Lawang Kabupaten Malang yang melaju di lajur kiri," katanya.

3. Diduga sopir bus mengantuk

Bus Study Tour SMP Malang Tabrak Truk di Tol Jombang, 2 MeninggalKondisi bus pariwisata rusak parah usai menabrak truk di Tol Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Dikatakan Yudhiono, penyebab bus oleng hingga menabrak truk diduga karena Sopir mengantuk. Sebab, pada saat kejadian arus lalu lintas landai lancar dan cuaca cerah.

"Pengemudi bus mengantuk sehingga tidak bisa menguasai kemudi sehingga oleng ke kiri menabrak truk. Posisi terakhir kendaraan bus menempel di bak truk di lajur kiri menghadap ke timur," pungkasnya.

Baca Juga: Mobil Accord Terbakar di Tol Jombang KM 689

Zainul Arifin Photo Community Writer Zainul Arifin

Berkarya!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya