Rocky Gerung Ditolak di Tuban, Begini Kronologi Versi Panitia

Kalau pembicara nasional harus izin Polda katanya

Surabaya, IDN Times - Diskusi "akal sehat" bersama Rocky Gerung yang rencananya berlangsung di Pondok Pesantren Yanbu'ul Ulum, Tuban, Selasa (19/3) batal digelar. Penyebabnya adalah adanya penolakan dari 9 organisasi masyarakat (ormas) dan tidak adanya surat izin untuk mengundang pembicara setingkat nasional.

"Acara di Tuban sudah dipersiapkan sejak minggu kemarin. Kemudian, hari Senin kami dapat pemberitahuan kalau ada pihak yang menolak," kata Nur Rahman selaku ketua acara pada sesi konferensi pers di Gedung Astranawa, Selasa (19/3).

 

1. Polres Tuban menyampaikan harus ada izin dari Polda

Rocky Gerung Ditolak di Tuban, Begini Kronologi Versi PanitiaIDN Times/Vanny El Rahman

Guna mencegah kegaduhan publik, Polres Tuban memfasilitasi pertemuan antara pihak penyelenggara dengan ormas yang menolak diskusi tersebut. Dalam pertemuan tersebut, disampaikan bila panitia belum memiliki surat izin dari Polda Jawa Timur.

"Untuk mengundang pembicara kelas nasional harus dapat izin dari Polda. Jadi kesepakatan mediasi adalah ormas sepakat acara dilanjutkan bila dapat izin dari Polda," lanjut dia.

Baca Juga: Rocky Gerung: Politik Emak-emak Memegang Kendali Bangsa

2. Pihak pesantren khawatir terjadi keributan

Rocky Gerung Ditolak di Tuban, Begini Kronologi Versi PanitiaIDN Times/Vanny El Rahman

Alasan lainnya, pihak pesantren khawatir apabila acara diteruskan, penolakan dari masyarakat berujung keributan. "Acara dibatalkan oleh pesantren untuk menjaga situasi Mantibmas dan (adanya) resistensi dari ormas. Pesantren akhirnya gak berani karena khawatir," papar dia.

3. Panitia menghormati segala keputusan

Rocky Gerung Ditolak di Tuban, Begini Kronologi Versi PanitiaIDN Times/Vanny El Rahman

Menanggapi segala dinamika yang terjadi, akhirnya panitia acara memutuskan untuk menghormati keputusan hasil audiensi serta kekhawatiran pihak pesantren.

"Berdasarkan itu kami coba untuk menghormati perbedaan yang ada. Terlepas dari itu, untuk menjaga marwah pesantren juga."

4. Berikut daftar ormas yang menolak

Rocky Gerung Ditolak di Tuban, Begini Kronologi Versi PanitiaIDNTimes/Abdurrahman

Adapun sembilan ormas yang menolak kehadiran Rocky adalah PAC Ansor Tuban, Karang Taruna, PMII, KNPI, Keluarga Besar Putra-Putri Polri (KBPP), Pemuda Pancasila, Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Tuban dan perwakilan masyarakat Tuban.

Baca Juga: Drama Saling Sindir Hasto & Rocky Gerung Soal KH Agus Salim

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya