Comscore Tracker

Kirim Tuntunan ke Malaysia, Kemenpora Serahkan Sisanya kepada Kemenlu

Langkah diplomatik harus dilakukan, bukan langkah bar-bar

Surabaya, IDN Times- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan bahwa pemerintah Indonesia sudah mengirimkan surat tuntutan secara resmi kepada Malaysia. Isi dari surat tersebut adalah pengusutan kasus secara tuntas dan transparan, serta meminta Malaysia mengajukan permohonan maaf secara resmi.

Lantaran pemukulan terjadi di luar negeri, Zainudin mengaku tidak bisa berbuat banyak. Namun, dia menyampaikan bahwa Kemenpora bersama Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) akan terus mengawal kasus tersebut hingga tuntas.

1. Menyerahkan tuntutan yang sudah diberikan kepada Kemenlu

Kirim Tuntunan ke Malaysia, Kemenpora Serahkan Sisanya kepada KemenluKunjungan kerja Menpora Zainudin Amali (tengah) ke UIN Sunan Ampel Surabaya. IDN Times/Vanny El Rahman.

Zainudin menyampaikan, setelah tuntutan dilayangkan, representasi Indonesia yang sepenuhnya mengawasi penyelidikan kasus adalah Kemenlu. Termasuk apabila tuntutan tak kunjung dikabulkan.

“Nah ini kan punya masalah diplomasi, kami serahkan kepada Kementerian Luar Negeri, itu sudah bukan di area Kementerian Pemuda dan Olahraga,” kata Zainuddin di tengah kunjungan kerjanya ke Surabaya, Minggu (24/11).

2. Pengusutan kasus penting untuk persahabatan dua negara

Kirim Tuntunan ke Malaysia, Kemenpora Serahkan Sisanya kepada KemenluKunjungan kerja Menpora Zainudin Amali ke UIN Sunan Ampel Surabaya. IDN Times/Vanny El Rahman.

Lebih lanjut, politikus Golkar itu mengingatkan pentingnya penyelesaian kasus secara adil dan tidak berimbang.

“Silakan diusut tuntas kasusnya. Kita sebagai negara bertetangga tentu harus jaga hubungan itu, tetapi kami juga tidak boleh membiarkan ada masyarakat yang terlantar, teraniaya di luar negeri,” bebernya.

Baca Juga: Pemukulan Suporter Timnas Indonesia, Polisi Malaysia: Itu Perampokan

3. KBRI dan Kemenlu terus mengawal WNI yang ditahan Malaysia

Kirim Tuntunan ke Malaysia, Kemenpora Serahkan Sisanya kepada KemenluKunjungan kerja Menpora Zainudin Amali ke UIN Sunan Ampel Surabaya. IDN Times/Vanny El Rahman

Buntut dari insiden pemukulan selepas laga Malaysia kontra Indonesia, otoritas setempat telah mengamankan tiga warga negara Indonsia (WNI). Zainudin memastikan bahwa pemerintah akan terus mendampingi tiga WNI tersebut.

“Informasinya ada tiga orang yang ditahan di polisi Malaysia dan didampingi oleh KBRI. Kami komunikasi juga dengan Kementerian Luar Negeri dan juga akan melakukan langkah-langkah diplomatik,” tutup dia.

Baca Juga: Menpora: Sampai Hari Ini Belum Ada Permintaan Maaf Resmi dari Malaysia

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya