Amien Rais Soal Pilpres: Haedar Nashir Salah Besar!

Amien ingin Muhammadiyah satu suara dalam Pilpres 2019

Surabaya, IDN Times- Penasihat Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Amien Rais, menyebut Haedar Nashir selaku Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah melakukan kesalahan besar. Menurut Amin, warga Muhammadiyah tidak boleh diberikan kebebasan dalam memutuskan pilihannya pada Pilpres 2019.

“Saya sudah hampir berusia 75 tahun. Saya sudah ikuti perkembangan bangsa dari masa ke masa," kata Amien saat memberi sambutan pada Milad ke-106 Muhammadiyah di Islamic Center Surabaya, Selasa (20/11).

Baca Juga: Amien Rais Minta Jokowi Copot Kapolri, Ini Sindiran Sekjen PDIP

1. Amien sebut perkataan Haedar adalah kesalahan

Amien Rais Soal Pilpres: Haedar Nashir Salah Besar!IDN Times/Vanny El Rahman

Dia menegaskan perkataan Haedar yang membebaskan warga Muhammadiyah untuk memilih capres adalah sebuah kesalahan besar. "Saya tegaskan, tidak bisa dimaafkan bila Haedar mengatakan pilihan Pilpres terserah masing-masing. Itu kesalahan besar,” kata Amien.

2. Amien tegaskan hanya Pileg yang boleh diberikan kebebasan

Amien Rais Soal Pilpres: Haedar Nashir Salah Besar!IDN Times/Vanny El Rahman

Menurut Mantan Ketua MPR RI itu, warga Muhammadiyah harus satu suara dalam menentukan siapa yang layak menduduki kursi RI 1 dan RI 2. Hanya pemilihan legislatif (Pileg) saja yang boleh diberi kebebasan.

“Kalau kebebasan untuk Pileg ya masih bisa dimaafkanlah. Karena Pileg kursinya banyak, terus kader Muhammadiyah ada yang di PAN, PPP, PKS, Golkar, dan segala macem. Tapi Pilpres itu hanya satu kursi dan itu sangat menentukan,” tegas dia seusai acara.

3. Amien ingatkan Haedar soal posisinya di Muhammadiyah

Amien Rais Soal Pilpres: Haedar Nashir Salah Besar!IDN Times/Vanny El Rahman

Menanggapi pernyataan Haedar, Amien mengingatkan bahwa dirinya masih memiliki pengaruh besar di Muhammadiyah. Nantinya, Amien akan meminta jajaran Muhammadiyah untuk mengeluarkan semacam maklumat untuk preferensi calon presidennya.

“Saya juga Ketua Muhammadiyah, ingat lho ya, saya dulu dipilih 98 persen jadi konstituennya tinggi sekali. Sampai sekarang Muhammadiyah gak boleh terserah dalam pilihan politiknya,” tambah dia.

4. Apa sih karakter presiden yang diinginkan Amien Rais?

Amien Rais Soal Pilpres: Haedar Nashir Salah Besar!IDN Times/Vanny El Rahman

Ketika ditanya siapa yang seharunya didukung, Amien enggan menyebutkan nama. Ia hanya menegaskan bahwa Muhammadiyah harus memilih pemimpin yang bersama ulama.

“Yang jelas tidak suka mengkriminalisasi ulama, yang tidak bohong dengan janji-janjinya,” katanya. 

Lalu awak media membalas dengan pertanyaan, “Siapa pak sebut nama?”. Amien menandaskan, “Ya gak usahlah, sudah tahulah,”.

5. Haedar sebut warga Muhammadiyah cerdas dalam menenetukan pilihan politiknya

Amien Rais Soal Pilpres: Haedar Nashir Salah Besar!IDN Times/Vanny El Rahman

Untuk diketahui, beberapa saat lalu Haedar mengatakan bahwa Muhammadiyah memiliki warga yang cerdas dan memiliki kapabilitas untuk menentukan pilihan politiknya. Ia tidak ambil pusing soal sikap beberapa warga Muhammadiyah yang mendukung pasangan calon Jokowi-Ma’ruf ataupun Prabowo Sandi.

Pernyataan tersebut dianggapnya sebagai komitmen Muhammadiyah untuk tidak terlibat politik praktis. Ia ingin agar Muhammadiyah menjadi wadah konsultasi bagi setiap pasangan calon demi kemajuan bangsa.

Baca Juga: KPK Tegaskan Kehadiran Amien Rais Tidak Bisa Intervensi Kasus 

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya