Camilannya Belum Tembus Singapura, Jokowi Ledek Kaesang

Wah, jadi penyemangat nih

Jakarta, IDN Times - KTT ASEAN yang dihadiri oleh para pemimpinnya resmi dimulai di Singapura pada Selasa (13/11). Namun, sebelum Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengikuti rangkaian pertemuan resmi di Suntec Singapore International Convention and Exhibition di malam hari, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mampir makan siang di sebuah pusat perbelanjaan di area Orchard Road. 

Meski berada di Negeri Singa, Jokowi tetap memilih untuk menyantap menu Indonesia. Ia pun memilih Bebek Goreng Pak Ndut di Lucky Plaza. Seperti biasa, publik yang melihat Jokowi di keramaian berubah menjadi heboh. Apalagi jumlah WNI yang ada di Singapura juga cukup banyak. 

Lalu, mengapa Jokowi malah ingin menyantap menu bebek di Singapura. 

"Iya, kita mau lihat makanan Indonesia mengintervensi negara lain. Kita nyari makanan-makanan Indonesia. Di sini ada Bebek Tepi Sawah, Sari Ratu ada, Garuda ada di sini. Harus terus (bertambah)," ujar Jokowi seperti dalam keterangan tertulis Istana pada Selasa kemarin. 

Tak lama Jokowi tiba di Lucky Plaza, putra bungsunya Kaesang Pangarep ikut bergabung. Kaesang memang diketahui telah berada di Negeri Singa sejak ia duduk di bangku SMA. Hubungan Jokowi dan Kaesang bisa disebut yang paling dekat dibanding dengan dua anak lainnya. Jokowi pun sempat meledek Kaesang ketika tengah santap siang. Penasaran apa kalimat yang disampaikan Jokowi?

1. Jokowi meledek Kaesang, produk camilan 'Sang Pisang' belum tembus Singapura

Camilannya Belum Tembus Singapura, Jokowi Ledek Kaesang(Presiden Jokowi tertawa saat meledek Kaesang Pangarep) Biro Pers Istana/Laily Rachev

Ketika Kaesang tiba dan ikut makan siang bersama, rupanya Presiden Jokowi meledek putra bungsunya yang tengah kuliah di Singapura itu. 

"Sang pisang, masa orangnya ada di sini, tapi warungnya belum ada?" ujar Jokowi meledek Kaesang di hadapan jurnalis, Menteri dan Duta Besar Indonesia untuk Singapura, I Gede Ngurah Swajaya pada Selasa kemarin. 

Kaesang pun hanya bisa tertawa ketika diledek oleh ayahnya. Bahkan, Jokowi turut mencantumkan kalimat ledekannya itu di akun media sosialnya. 

Sejauh ini yang memiliki rencana untuk berekspansi adalah kakak Kaesang, Gibran Rakabumi Raka. Mereka rencananya akan membuka cabang Markobar di Filipina. Mengapa ke Filipina? Karena menurut Marketing Director Markobar, Nendrodewo, hanya Filipina satu-satunya negara di kawasan ASEAN yang menyukai kudapan manis. 

"Tinggal 1 atau 2 bulan lagi," ujar Nendrodewo kepada media Agustus lalu. 

Sebelumnya, Markobar ikut dalam festival makanan di Filipina. Responsnya cukup baik, karena warga Filipina menyukai kudapan manis. Rencananya, cabang pertama Markobar di Filipina akan dibuka di Manila. 

Baca Juga: Awet Renyah, Ini Menu Baru Markobar yang Wajib Kamu Coba

2. Menu yang dipesan Jokowi dari bebek goreng kremes hingga sayur asam

Camilannya Belum Tembus Singapura, Jokowi Ledek Kaesang(Menu makanan yang dipesan Jokowi) Biro Pers Istana/Laily Rachev

Lalu, apa menu yang dipesan Jokowi saat berkunjung ke rumah makan Indonesia? Rupanya, khas rumahan banget, guys. Menurut keterangan tertulis dari Biro Pers Istana Kepresidenan beberapa menu yang dipesan antara lain bebek goreng kremes, sayur asam, tahu, tempe, lengkap hingga sambal bawang dan sambal terasi. Komplit ya! 

Kehadiran Jokowi di rumah makan Indonesia di Lucky Plaza jelas menarik perhatian. Bahkan, ada pula WNI yang ingin santap siang bersama Jokowi. Melihat hal itu, Jokowi kemudian meminta kepada ajudannya Kolonel Mar. Illi Dasili agar WNI yang ada di luar untuk ikut makan bersama. 

"Yang dadah-dadah (melambaikan tangan) suruh makan di sini, kalau ada tempatnya," ujar Jokowi. 

Kesempatan itu tidak disia-siakan oleh beberapa WNI termasuk Wiwi. Sambil malu-malu, ia masuk dan ikut duduk bersama rombongan Jokowi serta Menteri. 

3. Banyak WNI yang mengajak Jokowi swafoto

Camilannya Belum Tembus Singapura, Jokowi Ledek Kaesang(Presiden Jokowi diajak berswafoto) Biro Pers Istana/Laily Rachev

Kesempatan bisa bertemu dengan Presiden Jokowi rupanya tidak disia-siakan oleh beberapa WNI yang memang sedang berada di Lucky Plaza. Salah satu WNI yang ikut diajak makan oleh Jokowi, Wiwi mengaku gemetaran saat akan bertemu dengan orang nomor satu di Indonesia itu. 

"Saya seneng banget, enggak menyangka, enggak mimpi apa-apa. Tadi enggak tahu, terus ada yang bilang Presiden RI mau datang. Terus, saya susul ke lantai 1, saya lari ke restoran Indonesia," kata Wiwi. 

Sementara, beberapa WNI lainnya memanfaatkan kesempatan itu dengan melakukan swafoto. Jokowi yang mengenakan pakaian santai berupa jaket merah, kemeja putih, celana jeans dan sepatu sneakers melayani dengan sabar. 

Baca Juga: Dianggap Ajudan Oleh Netizen, Ini 10 Cuitan Lucu Kaesang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya