Slepet Imin, Muhaimin Langsung Dicegat Keluarga Korban Kanjuruhan

Mereka berharap kasus Tragedi Kanjuruhan dibuka lagi

Malang, IDN Times - Usai melaksanakan kampanye akbar di Stadion Untung Suropati, Kabupaten Pasuruan pada Jumat (9/2/2024) sore, Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Muhaimin Iskandar langsung merapat ke Kabupaten Malang. Ia membuat acara bertajuk Slepet Imin di Cemara Ballroom Jalan Raya Karanglo Nomor 84, Dusun Karanglo, Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Di sana ia langsung disambut ratusan audiens yang didominasi anak-anak GenZ dan Milenial. Di dalam gedung, juga dipenuhi tulisan-tulisannya terkait Tragedi Kanjuruhan.

1. Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan sampaikan unek-unek pada Muhaimin Iskandar

Slepet Imin, Muhaimin Langsung Dicegat Keluarga Korban KanjuruhanKeluarga Tragedi Kanjuruhan saat hadir di acara Slepet Imin di Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Dalam salah satu sesi acara, salah satu orangtua korban Tragedi Kanjuruhan, Nuri Hidayat menyampaikan curahan hatinya pada Muhaimin Iskandar. Ia menyampaikan bagaimana proses hukum pada kasus yang menewaskan 135 jiwa ini berlangsung todak sesuai ekspektasi mereka.

"Kita pertahankan Stadion Kanjuruhan untuk tidak dibongkar dulu, tapi katanya sidah diadakan rekonstruksi di sana. Padahal keluarga korban tidak pernah diajak. Kok rekontruksi kita tidak diikutsertakan," bebernya.

Oleh karena itu, ia berharap Muhaimin bisa membawa suara mereka ke pusat. Selain itu, jika ia terpilih sebagai wakil presiden, mereka berharap kasus Tragedi Kanjuruhan bisa dibuka kembali.

"Kami berharap mudah-mudahan saat terpilih, perjuangan kami ada jalan untuk mendapatkan keadilan untuk anak kami. Saat ini proses kasus kita dalam Pengaduan Masyarakat, jadi sementara itu keluhan kami," tuturnya.

Baca Juga: Setelah Sidak Pembongkaran Kanjuruhan, Kejari Sebut Ada 2 Kejanggalan 

2. Muhaimin Iskandar janjikan Tragedi Kanjuruhan akan dikaji kembali

Slepet Imin, Muhaimin Langsung Dicegat Keluarga Korban KanjuruhanCawapres nomor urut 2, Muhaimin Iskandar . (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Menanggapi hal tersebut, Muhaimin mengatakan akan membuka kembali kasus Tragedi Kanjuruhan. Ia membenarkan jika kasus ini belum tuntas, sehingga harus segera diselesaikan secepatnya.

"Insyaallah Pak, kalau Amin menang kita akan lanjutkan dan investigasi kembali Tragedi Kanjuruhan. Jadi kita tuntaskan masalah Tragedi Kanjuruhan, klitu adalah komitmen kita, jadi mari tunggu perubahan," ucapnya.

3. Muhaimin ingin Tragedi Kanjuruhan terselesaikan tuntas

Slepet Imin, Muhaimin Langsung Dicegat Keluarga Korban KanjuruhanCawapres nomor urut 2, Muhaimin Iskandar . (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Terakhir, Muhaimin menegaskan jika Tragedi Kanjuruhan haris diselesaikan secara tuntas. Sehingga korban dan keluarga yang ditinggalkan bisa puas dan merasakan keadilan dari pemerintah. Namun, saat ini yang terjadi adalah pemeriksaan mengabaikan para korban Tragedi Kanjuruhan.

"Ini menjadi komitmen kita agar setiap peristiwa kemanusiaan untuk diusut, termasuk pelanggaran HAM harus diselesaikan. Karena masih ada pihak-pihak yang belum terima. Sehingga kita bisa memberi kepastian hukum yang adil dan arif," pungkasnya.

Baca Juga: Ada Kejanggalan Renovasi Kanjuruhan, Plt Kadispora Dipanggil Kejaksaan

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya