Respon Menkumhan RI saat Ditanya Diskon Hukuman Sambo

Yasonna Laoly berikan kuliah umum di UB

Malang, IDN Times - Putusan kasasi dari Mahkamah Agung (MA) yang membatalkan hukuman mati Ferdy Sambo menjadi hukuman penjara seumur hidup menimbulkan pro kontra dari masyarakat. Ternyata bukan hanya Sambo saja yang mendapatkan diskon hukuman ini, Putri Candrawati, Kuat Ma'ruf, dan Ricky Rizal juga mendapat keringanan dari MA. Putri mendapatkan potongan hukuman dari 20 tahun menjadi 10 tahun penjara, Kuat Ma'ruf dari 15 tahun menjadi 10 penjara, dan Ricky dari 10 tahun menjadi 8 tahun penjara.

Keputusan ini ternyata juga menjadi keresahan mahasiswa Universitas Brawijaya (UB). Mereka akhirnya mempertanyakan ini kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia (RI), Yasonna Laoly saat mengunjungi UB pada Kamis (14/9/2023).

1. Yasona menyebut jika memberikan diskon hukuman pada Sambo adalah hak prerogatif hakim

Respon Menkumhan RI saat Ditanya Diskon Hukuman SamboYasonna Laoly saat memberi kuliah umum di UB. (Instagram/@yasonna.laoly)

Yasonna Laoly mendapatkan pertanyaan mengejutkan dari mahasiswa UB, Wildan Saputra. Mahasiswa Fakultas Pertanian ini mempertanyakan diskon hukuman pada Ferdy Sambo dari hukuman mati menjadi penjara seumur hidup. Ia bertanya apakah keputusan kasasi MA tersebut sudah mewakili asas keadilan.

Yasona yang mendapat pertanyaan tersebut, langsung memberikan respon. Di hadapan ribuan mahasiswa di Samantha Krida, Yasona mengungkapkan jika keputusan tersebut adalah hak prerogatif dari hakim yang memimpin sidang kasasi di MA tersebut.

"Di negara kita ada 3 pemegang kekuasaan dari pemegang kekuasaan pemerintahan adalah presiden, pemegang kekuasaan perundang-undangan adalah DPR, sementara Mahkamah Agung adalah yang memegang kekuasaan kehakiman. Jadi keputusan itu (membatalkan hukuman mati) adalah wewenang mereka (hakim MA)," terangnya.

Baca Juga: Heran Hukuman Sambo Disunat MA, Megawati: Hukum Apa Ya Sekarang?

2. Yasona mengakui kalau keputusan MA tersebut membuat masyarakat kecewa

Respon Menkumhan RI saat Ditanya Diskon Hukuman SamboYasonna Laoly saat memberi kuliah umum di UB. (Instagram/@yasonna.laoly)

Meskipun demikian, Yasona mengakui jika keputusan hakim MA membuat masyarakat kecewa. Namun, kekecewaan itu adalah hal yang relatif di masyarakat. Namun, keputusan itu telah diketok palu oleh hakim MA.

"Saya tahu banyak masyarakat yang kecewa dengan keputusan ini. Tapi kita tidak bisa apa-apa dengan keputusan hakim," tegasnya.

Namun, ketika disinggung apakah keputusan tersebut merupakan keputusan yang adil atau tidak, ia tidak bisa memberi jawaban yang jelas. Ia hanya menyinggung jika keputusan hakim akan dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan.

3. Yasona meminta masyarakat legowo dengan putusan hakim MA

Respon Menkumhan RI saat Ditanya Diskon Hukuman SamboYasonna Laoly saat memberi kuliah umum di UB. (Instagram/@yasonna.laoly)

Yasona menutup jawaban terkait Sambo dengan meminta masyarakat legowo dengan putusan hakim MA. Menurutnya putusan dari hakim MA adalah final, sehingga ia berharap jawabannya biasa memuaskan mahasiswa UB tersebut.

"Memang banyak yang merasa tidak adil dari hukuman Ferdy Sambo. Tapi seperti inilah sistem hukum kita," pungkasnya.

Baca Juga: Alasan Ferdy Sambo Batal Dihukum Mati: Berjasa pada Negara

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya