Renovasi Belum Rampung, Kanjuruhan Jadi Venue Upacara Kemerdekaan

Progres renovasi Kanjuruhan diprediksi sudah 90 persen di Agustus 2024

Malang, IDN Times - Renovasi Stadion Kanjuruhan terus dikebut oleh PT Waskita Karya. Mereka menargetkan stadion ini selesai direnovasi pada Desember 2024. Namun, ternyata stadion ini sudah bisa dipergunakan sebelum target tersebut.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang sebelumnya menyampaikan keresahan untuk melaksanakan upacara kemerdekaan pada 17 Agustus 2024. Mereka ingin segera bosa mempergunakan Stadion Kanjuruhan.

1. PT Waskita Karya menyampaikan jika Stadion Kanjuruhan siap jadi venue upacara kemerdekaan

Renovasi Belum Rampung, Kanjuruhan Jadi Venue Upacara KemerdekaanProject Manager PT Waskita Karya, Vino Pramudya. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Project Manager PT Waskita Karya, Vino Teguh Pramudia menyampaikan jika permintaan Pemkab Malang untuk menggunakan Stadion Kanjuruhan sebagai venue upacara kemerdekaan bisa dikabulkan. Menurutnya sebagai besar proses renovasi sudah selesai pada 17 Agustus 2023.

"Agenda tersebut masih memungkinkan untuk dilakukan di bulan Agustus 2024. Jadi bisa dilakukan upacara kemerdekaan pada tanggal tersebut," terangnya saat dikonfirmasi pada Rabu (20/3/2024).

Vino juga menyampaikan jika total 21.700 kursi sudah diselesaikan pada Agustus 2024. Yang mana 350 kursi diantaranya adalah kursi untuk penyandang disabilitas.

2. PT Waskita Karya menyampaikan jika pada Agustus 2023 ditargetkan progres renovasi mencapai 90 persen

Renovasi Belum Rampung, Kanjuruhan Jadi Venue Upacara KemerdekaanProgres renovasi Stadion Kanjuruhan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Vino menyampaikan jika pada Agustus 2023 ditargetkan progres renovasi Stadion Kanjuruhan mencapai 80-90 persen. Yang mana rumput lapangan dan trek atletik sudah selesai dibuat. Hanya menyisakan finishing touch, maintenance, dan penyelesaian minor-minor lainnya.

"Untuk saat ini pembangunan stadion sudah sesuai desain yang kami terima, bahkan ada tambah-tambah yang kami laksanakan yang sebenarnya tidak masuk desain awal tapi sudah kami komunikasikan ke semua pihak baik dari pelaksana, Kementerian PUPR, dan pihak Kabupaten Malang. Jadi baik desain maupun tambahan lain yang mumpuni sudah kita sampaikan," jelasnya.

Tambahan-tambahan pembangunan yang dimaksud Vino kebanyakan adalah bagian lanskap seperti pagar, lahan parkir. Begitu juga struktur pada aitem-aitem yang tidak masuk pada desain untuk menunjang kegiatan renovasi.

Baca Juga: Keluarga Korban Kanjuruhan Curhat Nasib Mereka ke DPR RI

3. PT Waskita Karya melaku percepatan renovasi Stadion Kanjuruhan

Renovasi Belum Rampung, Kanjuruhan Jadi Venue Upacara KemerdekaanProject Manager PT Waskita Karya, Vino Pramudya. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Lebih lanjut, Vino menyampaikan jika pihaknya memang melakukan percepatan renovasi Stadion Kanjuruhan sesuai instruksi dari Kementerian PUPR. Sehingga pembangunan ini dalam sehari dibagi menjadi 3 shift dan para pekerja bekerja setiap hari tanpa libur.

Ia juga menyampaikan bahwa renovasi ini akan menampakkan perbedaan signifikan antara Stadion Kanjuruhan lama dan yang baru. Perbedaan signifikan ada pada fungsi dan sistem.

"Yang paling masif ada pada sistem yaitu pada struktur, karena yang terjadi pada struktur ini selama berpuluh-puluh tahun telah overcapacity. Kemudian perbaikan pada fungsi dan semangat stadion ini yang akan berubah total," pungkasnya.

Baca Juga: Stadion Kanjuruhan Siap Dipasang VAR Setelah Selesai Direnovasi

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya