Pemilu 2024, Kapolri Dorong Tiap Daerah Lakukan Deklarasi Damai

Panglima TNI juga akan jaga netralitas prajurit TNI

Malang, IDN Times - Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendorong semua elemen untuk melakukan deklarasi pemilu damai.Hal ini perlu dilakukan karena polarisasi selalu terjadi menjelang pemilihan umum. 

Listyo mengatakan jika ia sudah menyaksikan beberapa deklarasi pemilu damai yang dilaksanakan oleh organisasi-organisasi masyarakat yang ada di pusat dan daerah. "Saya lihat tadi teman-teman dari Cipayung, tokoh-tokoh masyarakat, kemudian ada kelompok-kelompok komunitas yang menyerukan Pemilu 2024 harus dilaksanakan dengan damai," terangnya saat mengunjungi Kota Malang pada Sabtu (21/10/2023).

Listyo mengatakan beberapa waktu lalu di Monas juga sudah dilakukan deklarasi pemilu damai oleh perwakilan partai-partai politik di Indonesia. "Sekiranya baik yang dipilih maupun yang memilih memiliki semangat yang sama untuk menjaga pemilu berjalan damai. Meskipun masing-masing memiliki perbedaan pendapat, namun itu tidak menjadi masalah dan menjadi bagian dari demokrasi," tegasnya.

Menurut dia, perbedaan pendapat dan pilihan itu adalah hal biasa, jangan sampai perbedaan ini berdampak pada persatuan dan kesatuan. Oleh karena itu, ia akan terus memastikan agar Pemilu 2024 berjalan damai di seluruh wilayah di Indonesia.

"Saya yakin apabila semangat ini terus dilaksanakan di semua wilayah, insyaallah pemilu bisa berjalan dengan lancar dan aman. Kemudian menghasilkan hasil terbaik, serta yang terpilih betul-betul bisa melanjutkan kegiatan menuju Indonesia Maju menuju misi Indonesia Emas 2045," ujarnya.

Di tempat yang sama, Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono juga berkomitmen menjaga pemilu damai. Menurutnya ini adalah langkah yang bagus bagi TNI/Polri di wilayah untuk bersama-sama melaksanakan Pemilu damai 2024.

Ia menjelaskan apabila pemilu damai jadi komitmen di seluruh wilayah, maka akan menjadi langkah yang bagus untuk menjaga pelaksanaan Pemilu 2024. Sehingga pemilihan calon pemimpin di Indonesia ini bisa dilaksanakan dengan baik, aman, lancar, dan dilaksanakan dengan sejuk.

"Ini juga saya sampaikan pada seluruh TNI harus netral, netral, dan netral dalam Pemilu 2024. Karena kunci utama kita bisa melaksanakan pemilu dengan baik, aman, dan lancar," pungkasnya.

Baca Juga: Kapolri Bakal Pimpin Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya