Gempa Magnitude 4.8 Guncang Malang

Gempa pada tengah malam membuat warga pontang-panting

Malang, IDN Times - Gempa kembali mengguncang wilayah Malang Raya, gempa terasa pada Selasa (10/10/2023) pukul 23.42 WIB. Gempa ini mengguncang hampir seluruh wilayah Kabupaten Malang, Kota Malang, hingga Kota Batu.

Gempa ini mengejutkan warga yang tengah terlelap. Membuat sebagian warga di Desa Sumberejo, Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang berlarian keluar rumah.

1. Warga merasakan gempa cukup kencang namun singkat

Gempa Magnitude 4.8 Guncang MalangLaporan gempa di Kabupaten Malang pada Selasa (10/10/2023). (Dok. BMKG)

Abdi Sudjatmiko (40) warga Desa Sumberejo mengungkap jika saat gempa dirinya tengah tertidur. Namun, tiba-tiba rumahnya bergoyang membuatnya langsung terbangun dan lari keluar rumah.

"Kejadiannya cepat sekali, saya langsung keluar rumah. Guncangannya lumayan kuat, tapi hanya sekitar 2 detik saja," terangnya.

Pria yang akrab disapa Miko ini mengatakan jika tidak ada bangunannya yang mengalami kerusakan. Namun ia akan mengecek kondisi rumahnya lebih detail lagi keesokan harinya saat hari lebih terang.

2. BMKG Malang melaporkan titik gempa berada di barat daya Kabupaten Malang

Gempa Magnitude 4.8 Guncang MalangLaporan gempa di Kabupaten Malang pada Selasa (10/10/2023). (Dok. BMKG)

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Karangkates, Ma'muri mengungkap jika gempa pada Selasa malam memiliki kekuatan magnitude 4.8. Gempanjuga tercatat berada di titik 72Km sebelah barat daya Kabupaten Malang.

"Pusat gempa berada di laut 76 km barat daya Kabupaten Malang. Dengan kedalaman 38Km berada di bawah permukaan laut," terangnya.

Ia melanjutkan jika gempa ini bisa dirasakan di wilayah Karangkates, Kepanjen, Blitar, Lumajang, hingga Jember. Warga di wilayah tersebut diharapkan berhati-hati terhadap gempa susulan.

3. BPBD Kabupaten Malang melaporkan belum ada informasi kerusakan

Gempa Magnitude 4.8 Guncang MalangIlustrasi gempa. (IDN Times/Sukma Shakti)

Sementara itu BPBD Kabupaten Malang melaporkan jika hingga saat ini mereka belum mendapatkan laporan terkait kerusakan akibat gempa tersebut. Pihaknya juga tengah melakukan pemantauan seandainya ada rumah-rumah warga yang terdampak gempa.

"Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tadi. Semoga saja tidak ada kerusakan atau korban akibat gempa tersebut," pungkas Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan.

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya