Ganjar Pranowo Yakin Kotak Kosong Bisa Tumbangkan Calon Tunggal

Ganjar Pranowo persilakan masyarakat memilih kotak kosong

Malang, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) mengatakan jika pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 terdapat 41 daerah yang hanya memiliki 1 pasangan calon kepala daerah. Di Jawa Timur sendiri ada 5 wilayah diantaranya Trenggalek, Ngawi, Gresik, Kota Pasuruan, dan Kota Surabaya.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo mengatakan jika melawan kotak kosong bukan perkara mudah. Banyak kasus Calon Kepala Daerah justru tumbang melawan kotak kosong.

1. Ganjar Pranowo mengatakan jika Calon Kepala Daerah justru rawan tumbang melawan kotak kosong

Ganjar Pranowo Yakin Kotak Kosong Bisa Tumbangkan Calon TunggalGanjar Pranowo saat berada di Universitas Brawijaya (UB). (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Ganjar mengatakan jika proses demokrasi Indonesia membuat konsekuensi hanya ada 1 pasangan calon (paslon) di proses pemilu. Tapi menurutnya melawan kotak kosong bukan berarti paslon tersebut sudah pasti akan memenangkan pemilu. Justru bisa jadi kotak kosong tersebut yang menang jika paslon tersebut tidak dikehendaki rakyat.

"Pertandingan (melawan) kotak kosong biasanya menang, tapi pernah kejadian di Makassar itu kalah. Jadi proses demokrasi demokratisasi mesti dilakukan dengan baik," terangnya saat berada di Universitas Brawijaya (UB) pada Sabtu (7/9/2024).

Sehingga ia mengatakan jika paslon kepala daerah tidak boleh santai-santai melawan kotak kosong. Calon kepala daerah tetap harus menarik kepercayaan masyarakat agar memilih dirinya.

2. Partai-partai koalisi tidak boleh mengakali kotak kosong

Ganjar Pranowo Yakin Kotak Kosong Bisa Tumbangkan Calon TunggalIlustrasi pilkada serentak. (IDN Times/Mardya Shakti)

Kendati melawan kotak kosong, Mantan Calon Presiden 2024 ini mengingatkan agar partai-partai tidak mengakali suara di kotak kosong. Menurutnya, mengakali kotak kosong memang lebih mudah daripada mengakali suara lawan sesama pasangan calon.

"Kalau partai politiknya punya pikiran yang sama (asal menang), yaitu bagaimana cara memenangkan dengan sistem yang seperti itu. Makanya ngakali-ngakalinya dengan kotak kosong itu cara yang paling gampang," bebernya.

Ganjar mengakui masih ada partai-partai yang berpikir bagaimana calon yang diusung bisa menang dengan mudah. Tapi ia tidak mau menyebutkan partai mana dan di daerah mana.

3. Ganjar Pranowo persilahkan masyarakat memilih kotak kosong

Ganjar Pranowo Yakin Kotak Kosong Bisa Tumbangkan Calon TunggalIlustrasi pilkada serentak. IDN Times/Mardya Shakti

Lebih lanjut, Ganjar juga menyampaikan jika memilih kotak kosong adalah hak masyarakat Indonesia. Jadi ia tidak mempermasalahkan jika baik paslon tunggal dari PDIP atau partai-partai lain kalah dari kotak kosong.

"Jangan salah, masyarakat suatu saat juga akan bisa melawan dengan dia berpihak pada kotak kosong, sehingga kalau persentase kotak kosong itu tinggi. Kalau pengalaman di Makassar itu menang maka ini peringatan buat partai politik, termasuk saya sendiri," tandasnya.

Ganjar melanjutkan jika Pilkada itu bukan hanya berorientasi pada kekuasaan saja. Tapi juga pendidikan politik untuk masyarakat.

Baca Juga: Ganjar Mulai Road Show Bantu Menangkan Calon Kepala Daerah PDIP

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya