Blusukan di Malang, Jokowi, Prabowo, dan Erick Diserbu Emak-emak

Ketiganya diserbu emak-emak yang minta berswafoto

Malang, IDN Times - Sejak Pukul 07.00 WIB keramaian di Pasar Bululawang, Kabupaten Malang pada Senin (24/07/2023) pecah. Para pedagang yang didominasi oleh emak-emak berdandan lebih rapi dari biasanya. Mereka juga tidak melakukan aktivitas jual-beli, justru berkumpul di depan pintu masuk pasar.

Ternyata mereka tengah menunggu kedatangan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo yang dijadwalkan blusukan di sana sekitar pukul 09.00 WIB. Kereka tidak sabar menunggu orang nomor satu di Indonesia itu.

1. Kerumunan emak-emak semakin riuh kala Jokowi ternyata ditemani oleh Prabowo Subianto dan Erick Thohir

Blusukan di Malang, Jokowi, Prabowo, dan Erick Diserbu Emak-emakJokowi bersama Prabowo Subianto dan Erick Thohir saat blusukan ke Pasar Bululawang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Ketika Jokowi datang di depan pasar, kerumunan langsung ramai memanggil nama pria asal Solo ini. Emak-emak juga semakin riuh ketika mereka melihat bahwa Jokowi ditemani oleh Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Mereka berebutan bersalaman dan berfoto dengan ketiganya.

"Pak Prabowo, Pak Prabowo! Pak Prabowo, sini Pak foto!" teriak para pedagang yang terus mendekat sambil membuka kamera di handphonenya.

Melihat kian banyak emak-emak yang menyerbu dirinya, Prabowo tidak lantas lari dari kerumunan. Ia justru berjalan mendekat pelan sambil memberikan kesempatan mereka berfoto dengan dirinya. Ratusan orang berganti minta foto bersama dan bersalaman. Ia juga menyapa para pedagang di sana.

Baca Juga: Jokowi ke Malang Bareng Prabowo dan Erick, Bantah Perjodohan Politik

2. Para pedagang sangat senang langsung didatangi tiga tokoh negeri sekaligus

Blusukan di Malang, Jokowi, Prabowo, dan Erick Diserbu Emak-emakPrabowo Subianto saat mengunjungi Pasar Bululawang, Kabupaten Malang. Dok. Istimewa.

Salah satu pedagang di Pasar Bululawang, Nur Hayati menyampaikan kalau dirinya sangat senang karena mendapat kesempatan bertemu dengan tiga orang pejabat teras Indonesia. Pasalnya sangat jarang sekali pejabat yang datang langsung ke Pasar Bululawang.

"Sangat senang sekali, meskipun haris berdesak-desakan, tapi saya bisa berfoto dengan Pak Prabowo. Beliau ternyata mau diajak berfoto sama pedagang seperti saya," ujarnya.

Hayati juga mengatakan kalau di dalam pasar, Jokowi bersama 2 menteri meninjau langsung harga-harga di sana. Ia mengungkapkan jalau ketiganya melihat cabai, bawang, hingga daging ayam.

"Pedagang di dalam ditanyain Pak Jokowi satu-satu soal harga di pasar. Pedagang jadi senang soalnya seperti merasa diperhatikan," paparnya.

3. Jokowi mengungkapkan kalau harga bahan pokok di pasar tradisional tidak terpengaruh inflasi

Blusukan di Malang, Jokowi, Prabowo, dan Erick Diserbu Emak-emakPrabowo Subianto saat mengunjungi Pasar Bululawang, Kabupaten Malang. Dok. Istimewa.

Dalam kunjungannya di Pasar Bululawang, Jokowi mengungkap jika harga-harga bahan pokok masih stabil. Harga-harga di pasar tradisional tidak terpengaruh dengan inflasi yang tengah melanda dunia. Tapi, ia perlu terus melakukan blusukan untuk memastikan harga-harga bahan pokok tetap stabil.

"Saya cek harga-harga di Kabupaten Malang, saya melihat harga-harga di sini sangat bagus. Saya melihat daging ayam bisa harganya Rp34.000, kemudian bawang merah juga di harga Rp26.000," tandasnya.

Tidak hanya melihat harga-harga bahan pokok, Jokowi juga membagikan BLT (Bantuan Langsung Tunai) pada para pedagang. Hak ini disambut meriah oleh para pedagang yang hadir.

Baca Juga: Teriakan Prabowo Presiden Bergema Saat Jokowi Blusukan di Malang

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya