Ajinomoto Ajak Ibu-ibu Mengukur Gizi Masakan Bersama Chef Devina

Begini keseruan Program GEMBIRA bersama Ajinomoto

Malang, IDN Times - PT Ajinomoto Indonesia memiliki upaya untuk terus memberikan pemahaman terkait pentingnya asupan gizi yang seimbang, bijak mengonsumsi garam, dan kesehatan keluarga. Oleh karena itu mereka mengajak para ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di 16 kota besar di Indonesia untuk terlibat dalam acara GEMBIRA (Gerakan Masak Bergizi) bersama Ajinomoto Health Provider. 

Kegiatan ini menjadi salah satu langkah Ajinomoto untuk mencapai salah satu visinya di 2030 yaitu meningkatkan harapan hidup sehat 1 miliar orang diseluruh dunia, termasuk masyarakat Indonesia. Dan Kota Malang menjadi satu kota yang tak luput dari perhatian mereka.

1. Sebanyak 5.900 ibu-ibu telah mendapatkan edukasi gizi oleh PT Ajinomoto Indonesia

Ajinomoto Ajak Ibu-ibu Mengukur Gizi Masakan Bersama Chef DevinaKegiatan Gembira oleh Ajinomoto di Hotel Gajahmada Kota Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Yusuke Maeyama selaku Wakil Kepala Cabang Surabaya PT Ajinomoto Sales Indonesia mengatakan jika Kegiatan GEMBIRA sudah berlangsung dari tahun 2023 dan sudah lebih dari 5.900 ibu-ibu PKK mendapatkan edukasi gizi dan demo masak bergizi seimbang melalui acara ini. Ajinomoto sangat memiliki konsern pada kegiatan ini karena oeran mereka sebagai penyedia makanan yang sehat dan bergizi.

Yusuke mengatakan jika setiap hari para ibu yang menentukan menu makanan keluarga. Dengan makanan yang sehat dan asupan gizi yang seimbang, keluarga dapat tumbuh dengan baik. Sehingga Ajinomoto menyadari bahwa asupan gizi yang baik adalah hal besar yang patut disoroti dan keluarga merupakan fondasi yang sangat penting bagi perkembangan suatu generasi. Keluarga yang sehat dapat menghasilkan bangsa yang sehat dan kuat di masa depan.

"Gizi yang baik merupakan modal penting bagi pertumbuhan generasi Indonesia. Dengan gizi yang lengkap, perkembangan mental dan fisik generasi muda Indonesia akan bertambah baik, sehingga dapat tumbuh menjadi bangsa yang kuat. Hari ini kepada para ibu PKK di Kecamatan Klojen, Malang, Ajinomoto berupaya untuk meningkatkan perilaku sadar gizi dengan membagikan informasi asupan gizi seimbang yang baik untuk keluarga," terangnya saat Kegiatan GEMBIRA di Hotel Gajahmada Kota Malang pada Kamis (18/1/2024).

Yusuke menjelaskan cara memilih makanan yang baik dengan mengutamakan asupan gizi seimbang melalui narasi bertajuk Isi Piringku, menghitung status gizi menggunakan cakram gizi. Ajinomoto juga mensosialisasikan pentingnya peranan bumbu umami dalam pembatasan asupan garam melalui pesan Bijak Garam.

Menurutnya, Bijak Garam merupakan upaya untuk mengurangi penggunaan garam dalam memasak, dan menambahkan sedikit MSG. Konsep Bijak Garam dapat membantu mengurangi resiko hipertensi, pengaplikasiannya pun sangat mudah, cukup dengan mengurangi penggunaan garam yang semula 2 sendok teh, menjadi 1 sendok teh garam ditambah setengah sendok teh MSG dalam menu kuah masakan.

"Melalui edukasi ini, kami berharap pengetahuan para ibu akan pentingnya asupan makanan yang baik dan mengandung gizi seimbang semakin bertambah. Kami juga mengharapkan informasi hari ini dapat diteruskan oleh para ibu kepada anggota keluarga lainnya sehingga menjadi sebuah kebiasaan yang baik dalam menyiapkan asupan makanan yang bergizi bagi keluarga," ujarnya.

Baca Juga: Beasiswa Ajinomoto 2024 Dibuka, Ada Pilihan Kampusnya Jerome Polin!

2. Ajinomoto memiliki misi untuk menjaga kesehatan keluarga Indonesia

Ajinomoto Ajak Ibu-ibu Mengukur Gizi Masakan Bersama Chef DevinaKegiatan Gembira oleh Ajinomoto di Hotel Gajahmada Kota Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Yusuke menjelaskan jika Ajinomoto mempunyai dua tujuan besar, pertama adalah meningkatkan kualitas dan harapan hidup sehat keluarga Indonesia dan yang kedua mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan perusahaan. Semuanya dilakukan dan disebarkan oleh Health Provider yang merupakan sebutan bagi para karyawan Ajinomoto Indonesia. Para Health Provider ini telah dibekali pengetahuan terkait gizi, kesehatan keluarga, dan juga kelestarian lingkungan. 

Ia juga mengatakan bahwa stunting, obesitas, konsumsi garam berlebih, dan tingginya angka penderita anemia di kalangan anak-anak merupakan 4 masalahan kesehatan yang disoroti oleh Ajinomoto. Melalui inisiatif Health Provider, Ajinomoto membantu menghadirkan solusi bagi r permasalahan tersebut. Acara edukasi mengenai gizi hari ini merupakan salah satu upaya kami sebagai Health Provider untuk mengurangi keempat masalah kesehatan tersebut.

"Sebagai Health Provider, kami mengkomunikasikan acara hari ini melalui 3 pesan utama: atur porsi makan, cukupi asupan dengan makanan lezat bergizi seimbang, lezat, dan bijak konsumsi garam," tegasnya.

3. Ibu-ibu di Kota Malang mendapatkan pengetahuan resep makanan sehat dari Chef Devina

Ajinomoto Ajak Ibu-ibu Mengukur Gizi Masakan Bersama Chef DevinaChef Devina melakukan demo masak dalam kegiatan Gembira oleh Ajinomoto di Hotel Gajahmada Kota Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Tidak hanya mendapatkan edukasi terkait makanan sehat, mereka juga mendapatkan demo masak dari Chef Devina Hermawan yang merupakan alumni Master Chef Indonesia Season 5. Chef Devina memandu para ibu di Kota Malang untuk memasak 3 menu lezat, praktis, dengan gizi seimbang. Resepnya bisa diambil dari website Dapur Umami https://www.dapurumami.com. 

Menu yang ditampilkan dalam demo masak tersebut diantaranya Kaki Naga Sayur ala AJI-NO-MOTO dan 2 menu kelezatan inovasi kaldu Masako yaitu Bakso Malang ala Masako dan Tumis Sayur Bakso ala Masako. Selain edukasi gizi dan demo masak, Ajinomoto juga membagikan informasi mengenai produk Masako.

Yusuke melihat sejak Kegiatan GEMBIRA ini terjadi peningkatan pemahaman untuk aspek informasi gizi seimbang, bijak garam, dan inovasi produk ramah lingkungan Ajinomoto. Selain itu, Ajinomoto juga telah menginisiasi beberapa aktivitas terkait upaya peningkatan harapan hidup sehat masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Yuk! Raih Gelar Master di Jepang bersama Ajinomoto Scholarship

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya