Lapor Pak Jokowi, Harga Beras di Ngawi Masih Mahal dan Sulit Didapat

Beras medium dijual dengan harga Rp16-18 ribu per kilogram

Ngawi, IDN Times - Harga beras di pasaran Ngawi, Jawa Timur, masih mahal dan tak kunjung turun hingga hari ini, Sabtu (02/02/2024). Beras jenis medium dijual dengan harga Rp16 ribu - Rp18 ribu per kilogram.

Berdasarkan pantauan IDN Times, warga rela antre berjam-jam untuk mendapatkan beras murah di kios-kios yang masih menjual Beras Stabilisasi Harga Pangan Pemerintah (SPHP) dengan harga Rp54.500 per kemasan 5 kilogram.

 

1. Banyak warga yang tak kebagian meski sudah mengantre

Lapor Pak Jokowi, Harga Beras di Ngawi Masih Mahal dan Sulit DidapatIlustrasi beras di pasar tradisional di Kota Mataram. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Meski sudah mengantre, tak jarang warga kecewa karena tak kebagian beras. Diduga, sebagian orang yang antre adalah pedagang yang ingin menjual kembali beras dengan harga lebih tinggi.

Suci Darwani, salah seorang warga, mengatakan harga beras di pasaran masih mahal dan sulit didapat. "Tetap mahal, Pak. Belum ada yang turun. Harganya Rp 15.000, Rp 16.000, sampai Rp 18.000 per kilogram. Makanya kita antri yang murah begini. Kadang sering tidak dapatnya," keluh Suci.

2. Warga makin pusing karen harga sembako lain ikut naik

Lapor Pak Jokowi, Harga Beras di Ngawi Masih Mahal dan Sulit DidapatIlustrasi sembako (google.com)

Senada dengan warga lain, Deni Angga, juga mengeluhkan hal yang sama. "Tadi ribut, kan? Saya sudah antre sejak pagi, tapi tetap tidak kebagian beras. Katanya pemerintah beras sudah turun, tapi harganya tetap sama mahal dan sulit didapat," kata Deni.

Kesulitan warga semakin bertambah karena harga bahan pokok lainnya juga naik turun menjelang bulan Ramadan.

3. Jokowi 'ngeyel' harga beras sudah turun

Lapor Pak Jokowi, Harga Beras di Ngawi Masih Mahal dan Sulit DidapatPresiden Joko "Jokowi" Widodo di Bontang Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024). Foto Sekretariat Presiden

Kondisi ini jelas berbalik dengan klaim Presiden Joko Widodo. Saat ditanya wartawan tentang harga beras, ia menyebut harganya sudah turun. Bahkan, ia menantang wartawan untuk mengecek langsung ke pasar.

 “Coba kalian datang ke Pasar Cipinang, cek harganya turun atau naik, cek di Pasar Johar di karawang, naik apa tidak, turun atau tidak, cek, sudah turun. Karena harian itu saya cek, dan saya selalu mendapatkan angka-angka” kata Jokowi usai membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024).

Baca Juga: Jokowi Sebut Harga Beras di Cipinang Turun, tapi Masih di Atas HET

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya