Badai Terjang Lokasi Wisata Telaga Sarangan

Air telaga bergelombang bak lautan

Magetan, IDN Times - Lokasi wisata Telaga Sarangan yang berada di kaki gunung Lawu Kabupaten Magetan Jawa Timur diterjang badai. Angin kencang bercampur hujan selama 3,5 jam menyebabkan air pada telaga bergelombang seperti lautan. Tercatat 3 pohon pada seputar telaga tumbang pada Sabtu (09/03/2024) petang. 

1. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini

Badai Terjang Lokasi Wisata Telaga SaranganIlustrasi angin kencang (Freepik.com/Wirestock)

Satu pohon tumbang di pinggir Telaga Sarangan, sedangkan dua lainnya tumbang di jalan menuju kawasan telaga. Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Eka Wahyudi, mengatakan timnya telah diterjunkan ke lokasi untuk menangani pohon tumbang tersebut. "Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun kerusakan bangunan akibat kejadian ini," terang Eka.

2. Masyarakat tetap diminta waspadai pohon tumbang

Badai Terjang Lokasi Wisata Telaga SaranganTiga pohon di lokasi wisata telaga Sarangan roboh diterjang hujan angin. IDN Times/ Istimewa

Meskipun demikian, Eka mengimbau masyarakat yang hendak berwisata ke Telaga Sarangan untuk selalu waspada terhadap cuaca buruk. Pasalnya, kawasan Sarangan masih berpotensi mengalami angin kencang disertai hujan hingga malam.

"Masyarakat diimbau untuk waspada, terutama terhadap bahaya pohon tumbang," imbaunya.

3. Penyedia speedboat diminta berhenti beroperasi

Badai Terjang Lokasi Wisata Telaga SaranganSuasana telaga Sarangan di Magetan selama libur Natal dan Tahun Baru 2024. IDN Times/ Riyanto

Selain menyebabkan pohon tumbang, angin kencang juga mengakibatkan air Telaga Sarangan berombak. Penyedia jasa speedboat diimbau untuk tidak beroperasi terlebih dahulu hingga suasana aman. "Warga sekitar telaga kami imbau untuk tetap waspada terhadap potensi pohon tumbang dan selalu berhati-hati saat beraktivitas di sekitar Telaga Sarangan," pungkasnya.

Baca Juga: Ini Penyebab Elf Wisatawan Tuban Terguling di Jalan Tembus Sarangan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya