Kronologi 23 Orang Terseret Ombak Pantai Jember saat Ritual

Sudah diingatkan jangan mendekat, ombak sedang besar

Jember, IDN Times - Sebanyak 24 rombongan dari kawasan Kabupaten Jember melakukan kunjungan ke Pantai Payangan, Ambulu untuk melakukan kegiatan ritual pada tengah malam sekitar pukul 00.25 WIB, Minggu (13/2/2022).

Saat itu, ombak di laut sedang tinggi. Rombongan yang datang sudah diingatkan petugas setempat agar tidak terlalu dekat dengan kawasan pantai.

1. Sudah diingatkan ombak besar

Kronologi 23 Orang Terseret Ombak Pantai Jember saat Ritualilustrasi ombak (IDN Times/Mardya Shakti)

Dari jumlah tersebut, selain sopir, sebanyak 23 orang tetap menjalani ritual di dekat pantai. Akibatnya, mereka terseret arus ombak yang sedang tinggi-tingginya.

"Sebelumnya sudah diingatkan oleh pengelola wisata untuk tidak ke laut dikarenakan ombak besar dan rombongan tetap ke Pantai guna melaksanakan ritual. Pukul 00.25 WIB 23 orang terserat arus air laut Pantai Payangan," ujar Kapolsek Ambulu AKP Makruf, Minggu (13/2/2022).

Baca Juga: 23 Orang Terseret Ombak di Pantai Selatan Jember, 2 Meninggal  

2. Ritual tengah malam

Kronologi 23 Orang Terseret Ombak Pantai Jember saat Ritualilustrasi korban tenggelam, IDN Times/ istimewa

Rombongan tersebut, katanya, berasal dari berbagai kecamatan di Jember, antara lain Kecamatan Panti, Patrang, Sukorambi, Sumbersari, Ajung dan Jenggawah.

Rombongan berangkat dari titik berkumpul di Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi menuju Pantai Payangan pada Sabtu malam pukul 23.00 WIB.

3. Ritual di selatan Gunung Samboja

Kronologi 23 Orang Terseret Ombak Pantai Jember saat RitualIlustrasi pantai (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Saat tengah malam, 23 orang menjalani ritual di tepi pantai. Tepatnya di selatan Gunung Samboja.

"Jumlah peserta ritual kurang lebih 24 orang, korban yg terseret ombak 13 orang, yang sudah diketemukan MD 2 orang, 3 masih perawatan di PKM Ambulu dan 8 orang masih dalam pencarian," katanya.

Makruf mengatakan, sejak pukul 02.45 WIB para korban selamat maupun yang meninggal dunia telah dibawa menggunakan Ambulance ke Puskesmas terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Merekam Wanita di Toilet, Pegawai Rumah Makan di Jember Ditangkap

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya