Kampanye ke Banyuwangi, Sandiaga Temui Generasi Millennial

Sandi menjanjikan perkuatan ekonomi kreatif

Banyuwangi, IDN Times - Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno kembali berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi. Kali ini Sandiaga berkunjung ke sejumlah pondok pesantren di Kecamatan Wongsorejo dan menemui generasi millenial di Kelurahan Lateng.

1. Deklarasi generasi millennial

Kampanye ke Banyuwangi, Sandiaga Temui Generasi MillennialIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Saat bertemu generasi millenial, Sandiaga membawa tema, "Talk Show Sukses di Usia Muda". Selain bercerita tentang tips sukses menjadi wirausaha, ia juga menggelar deklarasi generasi millenial memilih Prabowo dan Shandi dalam pemilu presiden nanti.

"Umi-umi mana suaranya, emak-emak mana suaranya. Bapak-bapak mana suaranya, generasi millenial mana suaranya. Kalau ada yang belum yakin pilih nomor dua angkat tangan. Prabowo sandi fokus di perbaikan ekonomi," kata Sandiaga saat kampanye, Kamis (21/2).

2. Janji menguatkan sektor usaha masyarakat

Kampanye ke Banyuwangi, Sandiaga Temui Generasi MillennialIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Sandiaga mengatakan, Banyuwangi mulai kuat dengan sektor pariwisata dan usaha kreatif. Menurutnya, sektor tersebut akan diperkuat dengan dibantu permodalan dan pemasaran. Program tersebut akan direalisasikan dengan program One Center of Entrepreneurship (Oke Oce).

"Insya Allah kalau diberi amanah, program OKE OCE akan ada di Banyuwangi. Sekarang program OKE OCE sudah ada di 500 kabupaten kota," katanya.

Dia menilai, saat ini industri pangan di daerah belum menguat. Para sarjana muda yang masih menganggur, menurutnya harus membuka lapangan pekerjaan di desanya masing-masing dengan mengembangkan industri kreatif.

"Banyak yang berpendidikan menganggur, khusus di pendidikan selama industri pangan belum kuat ini harus digerakkan millenial. Jangan semua di kota, kembangkan agrobisnis di pedesaan," tambahnya.

3. Beri tips berwirausaha

Kampanye ke Banyuwangi, Sandiaga Temui Generasi MillennialIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga memberikan tips bagaimana bisa sukses dalam berwirausaha. Menurutnya ada empat poin yang harus diperhatikan, yakni kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas.

"Etos kerja, kalau millenial mau sukses di usia muda, harus punya 4a. Pertama kerja keras, kedua kerja cerdas pakai teknologi, riset, kemudian kerja tuntas tidak mudah putus asa, terakhir kerja ikhlas," terangnya.

4. Bertanya kondisi ekonomi

Kampanye ke Banyuwangi, Sandiaga Temui Generasi MillennialIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Berulangkali, Sandi menyampaikan ingin memperbaiki kondisi perekonomian masyarakat. Sambil kampanye, ia bertanya bagaimana kondisi keuangan, murah atau mahalnya BBM, listrik dan kebutuhan pokok.

"Hari ini dompetnya sehat nggak, sudah sejahtera belum, mana yang tadi hutang. Insa allah tahun 2019 lunas hutangnya," katanya.

Dia coba memberi inspirasi saat pernah diberhentikan kerja di tahun 1999. Kemudian dia berupaya membuat usaha sendiri dengan merekrut tiga karyawan dan hingga kini sudah memiliki 30.000 karyawan.

"Peluang pariwisata besar di Banyuwangi. Ada kawah Ijen, Alas Purwo, ajak pemuda berkolaborasi.Kita harus berwawasan global, kearifan lokal, banyuwangi bukan hanya kabupaten, tapi sudah masuk peta pariwsata nasional," jelasnya.

Baca Juga: Kasus Narkoba di Jatim Masih Tinggi, Banyuwangi Jadi Pintu Masuk

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya