Kampanye di Banyuwangi, Sandiaga Uno Janjikan Perkuat Usaha Mikro

Sandi berjanji bakal mendukung penguatan usaha mikro

Banyuwangi, IDN Times - Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Sandiaga Salahuddin Uno, datang ke gang perkampungan Arab, Kelurahan Lateng, Kabupaten Banyuwangi untuk melakukan kampanye, Selasa (27/11). Sejumlah janji, dia sampaikan untuk menguatkan sektor perekonomian mikro.

Saat kampanye di hadapan ratusan warga, Sandiaga menjanjikan bakal menerapkan program One Kecamatan One Centre of Entrepreneurship (Oke Oce) secara nasional, salah satunya  di Banyuwangi.
 

Baca Juga: 4 Pernyataan Sandiaga Uno yang Tuai Pro-Kontra

1. Janjikan dukung sektor UKM

Kampanye di Banyuwangi, Sandiaga Uno Janjikan Perkuat Usaha MikroIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Dia mengklaim, program Oke Oce tersebut bisa memperkuat ekonomi rakyat dan memangkas angka pengangguran.

"Gerakan ekonomi rakyat yang akan kami dorong adalah Oke Oce, Alhamdulillah bersama Pak Anis sudah diluncurkan tahun lalu, sudah mengurangi pengangguran 20 ribu di Jakarta. Ini kesempatan kita juga uji coba di Banyuwangi," kata Sandi kepada warga Banyuwangi.

2. Sandi menilai usaha mikro selama ini kurang berkembang

Kampanye di Banyuwangi, Sandiaga Uno Janjikan Perkuat Usaha MikroInstagram.com/sandiuno

Saat kampanye, Sandi menilai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia kurang berkembang dan sulit mengurangi angka pengangguran. Hal tersebut dipicu mahalnya ongkos produksi karena naiknya BMM dan Listrik.

"UMKM di Banyuwangi bisa siasati naiknya biaya produksi, dipicu naiknya BBM. Naik turun? Listrik turun atau naik? Naik. Fakta, betul, karena itu yang jadi sasaran kita, ingin pangkas pengangguran, Banyuwangi maju, ingin jadi lokomotif ekonomi di Indonesia," ujarnya.

3. Tampung keluhan warga

Kampanye di Banyuwangi, Sandiaga Uno Janjikan Perkuat Usaha MikroIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Dalam kesempatan tersebut, Sandi mengajak dialog para warga, terutama bertanya tentang keluhan berwirausaha selama ini.

"Tadi kita bicara dengan ibu Yuni dari Kelurahan Lateng, minta ada pelatihan, pendampingan, dibantu pemasaran, karena bersaing dengan industri besar. Tentunya kami pastikan juga pasarnya. Kami komit ekonomi kreatif akan kita dorong jadi lokomotif, dan kami yakin anak-anak muda akan bawa kesuksesan Indonesia ke depan," ujarnya. 

4. Tampil di panggung kecil

Kampanye di Banyuwangi, Sandiaga Uno Janjikan Perkuat Usaha MikroIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Saat kampanye, Sandi mengenakan kaos berkerah dengan peci berwarna cokelat. Sandi berdiri di atas panggung yang didesain dengan ukuran kecil sekitar 2 x 1, kapasitas sekitar 1 hingga 4 orang.

Sambil terus berdiri di bawah terop, Sandi terus memberi kesempatan warga untuk mengajukan pertanyaan maupun keluhan yang ingin disampaikan. 

"Kami memberi peluang kepada pemuda untuk mengembangkan usahanya sendiri, ekonomi kreatif, agar tidak jadi tamu di negeri sendiri. Pemuda di Banyuwangi kreatif gak pemudanya?" tanya Sandi. 

5. Ngevlog sama warga

Kampanye di Banyuwangi, Sandiaga Uno Janjikan Perkuat Usaha MikroInstagram.com/sandiuno

Sebelum memgakhiri kampanyenya dengan warga di Lateng, Sandi sempat ngevlog bersama warga. Saat ngevlog, dia menyampaikan jarang diliput sama wartawan.

"Kita ini jarang diliput wartawan, jadi kita ngevlog saja dulu," katanya disambut warga.

Dalam kunjungannya ke Banyuwangi, Sandi mengunjungi sejumlah tempat, antara lain di Kecamatan Kalibaru menemui pelaku UKM perajin tradisional alat rumah tangga,  kemudian ke Pondok Pesantren Ummul Quro' Krikilan Glenmore, pertemuan dengan tim relawan Prabowo Sandi di Maron Genteng, Perjalanan ke Kampung Arab bertemu warga hingga peresmian Roemah Joeang.

Baca Juga: Sandiaga Uno Klaim Produk OK-OCE ini Sudah "Go Internasional"

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya