Viral Busa Tebal di Bosem Kalidami, Ini Hasil Laboratoriumnya

Tidak ada limbah industri

Surabaya, IDN Times - Sampel pengujian laboratorium air sungai Kalisari Damen Surabaya sudah keluar. Hasilnya, sampel air sungai berbusa tersebut berada pada level empat atau paling kotor. Pengujian ini sendiri dilakukan setelah pada 2 Agustus lalu, kondisi air di Bosem Kalidamen viral gegara berbuih tebal. Bahkan, pencemaran ini mendapat respons langsung dari Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi yang mengunggahnya di akun instagram miliknya.

"Level pencemaran sungai ada di level empat, level satu itu bersih, level dua agak kotor, tiga kotor dan level empat paling kotor," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro, Sabtu (27/8/2022).

1. Air sungai tidak mengandung limbah industri

Viral Busa Tebal di Bosem Kalidami, Ini Hasil LaboratoriumnyaRumah pompa di Sungai Kalidamen Surabaya mengeluarkan busa, Selasa (2/8/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Hebi menjabarkan, air sungai berbusa itu tidak mengandung limbah industri. Sungai tersebut hanya mengandung limbah domestik saja seperti detergen.

" Busa dari limbah kotoran detergen, cuci piring dan lainnya. Kalau untuk industri sepanjang sungai tidak ada," ujarnya.

2. Limbah juga berasal dari tempat usaha

Viral Busa Tebal di Bosem Kalidami, Ini Hasil LaboratoriumnyaPixabay

Lebih lanjut Hebi menjelaskan, limbah tersebut bukan hanya berasal dari pemukiman warga setempat. Namun, juga dari sejumlah tempat usaha disekitarnya, seperti rumah makan hingga hotel. "Jadi dipastikan limbah tersebut karena limbah rumah tangga," tegas Hebi.

Dari hasil laboratorium itu, Hebi berencana membuat Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) komunal. Nantinya limbah yang hendak dibuang ke sungai akan diolah terlebih dahulu melalui IPAL. "Nanti koordinasi dengan ITS gimana caranya limbah dari warga seperti detergen, limbah cuci piring, ada alat yang bisa menetralisir sehingga masuk sungai sudah tidak ada lagi surfaktannya," tutupnya.

3. Busa di Bosem Kalidami mengeluarkan busa tebal

Viral Busa Tebal di Bosem Kalidami, Ini Hasil LaboratoriumnyaRumah pompa di Sungai Kalidamen Surabaya mengeluarkan busa, Selasa (2/8/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Diberitakan sebelumnya, rumah pompa Bosem Kalidami, Surabaya mengeluarkan busa tebal, Selasa (2/8/2022) pagi. Busa tebal itu sempat berterbangan hingga ke pemukiman warga.

Operator pompa, Bambang mengatakan busa-busa tersebut memang sering kali keluar saat pompa dinyalakan pada musim kemarau. Sering kali busa tersebut membumbung hingga terbang mengenai rumah warga.

"Kita sering diprotes warga, karena busanya terbang-terbang sampai ke rumah-rumah warga," ujarnya saat ditemui di rumah Pompa. Sementara ketika saat pemompaan dilakukan pada musim hujan, rumah pompa tidak mengeluarkan busa.

Baca Juga: Eri Curiga, Busa di Rumah Pompa Kalidami Mengandung Limbah Pabrik

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya