UGM Melaju Ke Semifinal Liga Debat Mahasiswa IDN Times 

Selamat UGM, Telkom tetep semangat

Surabaya, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM berhasil melaju ke babak semifinal setelah mengalahkan Telkom University Bandung pada Liga Debat Mahasiswa IDN Times, Jumat (25/5/2024). Kemenangan UGM di babak perempat final itu diraih setelah unggul dalam berargumentasi melawan Telkom University Bandung. 

Pada hari yang sama, sebelumnya tim dari Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta juga mengalahkan tim dari Universitas Padjadjaran. Selanjutnya pada Sabtu (25/5/2024) akan bertanding antara Institut Teknologi Bandung melawan Institut Pertanian Bogor. Selain itu ada pula antara Insitut Teknologi Sumateram melawan Universitas Negeri Medan.

1. Debat berlangsung sengit

UGM Melaju Ke Semifinal Liga Debat Mahasiswa IDN Times Liga Debat Mahasiswa 2024 by IDN Times (IDN Times)

Debat dihadiri para panelis yang terdiri atas Climate Program Manager, Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Kiara Putri Mulia; Founder Ecoton Indonesia, Prigi Arisandi; dan Pemimpin Redaksi IDN Times, Uni Lubis.

Dalam debat tersebut University Telkom Bandung masuk dalam tim pro. Sementara, UGM masuk dalam tim kontra

Mosi debat kali ini adalah "Apakah gaya hidup Gen Z harus berubah dan berkontribusi dalam menangani pemanasan global dan perubahan iklim. Perubahan iklim apa yang harus dilakukan".

Debat yang dimulai sejak pukul 16.00 WIB. Ini berlangsung seru dan sengit sejak sesi awal. Keduanya saling mempertahankan pendapat masing-masing.

2. Telkom University: gaya FOMO Gen Z mendorong mereka lebih konsumtif

UGM Melaju Ke Semifinal Liga Debat Mahasiswa IDN Times Peserta dari Telkom University IDN Times)

Dalam debat tersebut, Telkom University sebagai tim pro menilai Gen Z saat ini diserang sifat Fear of missing out (FOMO) membuat mereka lebih konsumtif. Pola konsumtif FOMO ini, mendorong penggunaan energi lebih banyak. 

"Kerika pola konsumtif dalam jumlah banyak, meningkatkan demand yang lebih banyak dari perusahaan untuk melakukan produksi," kata dia. 

Sehingga peningkatan produksi dari industri ini berdampak negatif terhadap lingkungan. Seperti penggunaan plastik sekali pakai semaikin tinggi. 

"Menurut riset yang dilakukan oleh LIPI aktivitas belanja online naik 62 persen di Jakarta, dimana dampaknya 96 persen sampah plastik meningkat juga di Jakarta," kata mereka. 

Baca Juga: Gangster Beraksi di Surabaya, 6 Remaja Bawa Celurit Ditangkap Polisi

3. UGM nilai Gen Z sudah sangat melek lingkungan

UGM Melaju Ke Semifinal Liga Debat Mahasiswa IDN Times tim dari Universitas Gadjah Mada (idn times)

Sementara tim UGM menilai Gen Z saat ini sudah sangat progresif dan melek terhadap lingkungan. Seperti misalnya kehadiran influencer lingkungan Pandawara yang dapat mempengaruhi jutaan orang untuk turut serta melakukan pembersihan pantai dan sungai hingga menekan kebijakan pemerintah melalui dukungan internet. 

"Kedua saat ini banyak gerakan global yang menghasilkan seorang aktivis lingkungan yang juga Gen Z adalah Greta Thunberg. Dan saat ini banyak mulai gerakan didirikan Gen Z seperti kelompok sampah. Bukan Gen Z tidak apatis dalam mengaplikasikan gerakan lingkungan," kata dia. 

Ketiga, saat ini banyaknya gerakan seperti zero waste yang dipelopori oleh Gen Z. Bahkan di UGM fasilitas ramah lingkungan ada karena permintaan Gen Z dan BEM. Hal ini Membuktikan bahwa gen Z telah berperan aktif dalam pelestarian lingkungan. 

"Klaim ini diperkuat dengan Gen Z report 2024 yang dilakukan IDN Times, 94 persen Gen Z percaya bahwa ada perubahan struktural dan sistem matis untuk mengurangi carbon footprint. Dalam mengurangi gerakan bersifat individu. 84 persen sudah mau dan ingin untuk memberi barang yang lebih mahal asal ramah lingkungan," ujarnya. 

4. UGM peroleh nilai totol 252 kalahkan Telkom University

UGM Melaju Ke Semifinal Liga Debat Mahasiswa IDN Times Peserta liga debat mahasiswa 2024 dari UGM (IDN Times)

Dari debat tersebut, tim panelis memutuskan Telkom University mendapatkan nilai 249 Sementara UGM mendapat nilai 252. Dengan begitu, UGM lolos ke babak semifinal. 

"Ini sangat tipis sekali, beda tiga poin, jadi memang kita melihat ada kerjasama tim, kemudian ada kekuatan argumentatif. Jadi dengan ini kami panelis memilih tim yang mendapatkan skor 252 adalah UGM," ujar 

Seperti diketahui, Liga Debat Mahasiswa 2024 ini diikuti 12 kampus dari berbagai daerah di Indonesia. Kompetisi ini digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 IDN Times, yang diperingati pada 8 Juni 2024.

Kompetisi bakal berlangsung dari penyisihan mulai 21 Mei hingga babak final 6 Juni 2024. Kompetisi digelar untuk mengasah nalar kritis dan keterampilan berpendapat mahasiswa di kalangan Generasi Z, sesuai audience IDN Times.

Satu tim beranggotakan tiga hingga lima orang. Peserta Liga Debat Mahasiswa 2024, antara lain: Institut Pertanian Bogor (IPB), Telkom University, Univesitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), UIN Syarif Hidayatullah. Berikutnya, Institut Teknologi Nasional, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Mataram, Universitas Negeri Medan, dan Institut Teknologi Bandung.

Babak penyisihan dan perempat final digelar 21-27 Mei 2024, dilanjutkan dengan semi final pada 28-29 Mei 2024. Babak penyisihan hingga semi final digelar daring melalui Zoom. Babak final digelar luring di Kantor IDN Media di Jakarta, 6 Juni 2024.

Panitia menyiapkan hadiah uang tunai puluhan juta untuk pemenang. Juara pertama mendapatkan Rp10 juta dan sertifikat, juara kedua Rp8 juta dan sertifikat, juara ketiga Rp6 juta dan sertifikat, dan juara keempat Rp4 juta dan sertifikat.

Liga Debat Mahasiswa 2024 ini diselenggarakan dalam rangka menyemarakkah Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 IDN Times. Kegiatan ini didukung oleh PT Pertamina (Persero) - Energizing You.

Baca Juga: 51 Orang Tewas dalam Laka Lantas di Surabaya selama 2024

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya