Ribuan Orang Akan Tumplek di Grahadi Bela Palestina, Ada Bonek Juga

Akan open donasi juga

Surabaya, IDN Times - Ribuan orang akan tumplek blek di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (12/11/2023) pukul 06.00 WIB untuk menggelar 'aksi bela Palestina '. Bahkan dari ribuan orang itu, lima ribu di antaranya merupakan suporter Persebaya, Bonek Mania. 

Aksi tersebut diinisiasi oleh Aliansi Rakyat Surabaya Bela Palestina. Aksi ini bakalan diikuti oleh beberapa elemen masyarakat, mulai dari organisasi masyarakat (ormas) keagamaan, pelajar, mahasiswa, buruh sampai Bonek Mania. 

Koordinator Lapangan (Korlap) aksi Dino Imansyah mengatakan gelaran super damai itu merupakan upaya mendukung kemerdekaan Palestina.

"Acaranya bukan demo seperti apa, sesuai dengan tema, aksi super damai doa bersama dan penggalangan dana," ujarnya Sabtu (11/11/2023).

Dengan aksi ini, ia berharap bisa memberikan dampak baik bagi rakyat Palestina. Selain itu juga agar negara lain ikut memberikan sikap membela Palestina. 

"Karena yang terjadi bukan sekadar peperangan biasa, tapi ada ketidakadilan di sana. Yang disasar bukan para tentara, tetapi rumah sakit, anak-anak, hingga tempat pengungsian," katanya.

Sementara itu perwakilan Bonek, Cak Conk mengatakan, 5 ribu Bonek Mania akan ikut aksi. Keikutsertaan Bonek dalam aksi ini karena Bonek merasa perlu untuk membela Palestina atas tragedi kemanusiaan yang menimpa. 

"Ini kan tragedi ke manusiaan, Meraka dijajah kita sebagai makhluk, umat manusia masih menghormati hukum, internasional kalau penjajahan di atas dunia harus dihapuskan sesuai undang-undang dasar kita," ungkap dia. 

Bonek mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk merdeka dari penjajahan Israel. Meski jarak Indonesia dan Palestina terpaut jauh. 

"Kalau pun kita jaraknya jauh tapi kita sebagai rakyat Indonesian tetap mendukung Palestina," katanya. 

Selain itu, Bonek juga bakalan membuka donasi bagi rakyat Palestina. Bonek akan menyediakan kardus-kardus agar masyarakat bisa membantu memberi donasi. 

"Kita juga kan buka open donasi. Selama ini kan kita online, melalui rekening, kita puter kardus untuk penggalangan donasi untuk Palestina. Besok kan itu kan bukan hanya Bonek yang aksi, kisaran mungkin besok puluhan ribu yang dukung Palestina," pungkas dia. 

Baca Juga: Warga Palestina Tuduh Australia Ekspor Senjata ke Israel

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya