Rapat Pleno PKB Putuskan Tawaran NasDem Berjalan Alot

Biasa dinamika politik

Surabaya, IDN Times - Wakil Ketua Umum DPP PKB, Muhammad Hanif Dhakiri mengungkap, rapat pleno PKB untuk memutuskan duet Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar berjalan alot. Rapat yang digelar di Jakarta tersebut akan difinalisasi di Surabaya, Jumat (1/9/2023). 

Hanif saat berada di kantor DPW PKB Jatim mengatakan, PKB akan memfinalisasi tawaran kerja sama dengan NasDem sore ini. Pada prinsinya, pihaknya memyambut baik tawaran tersebut. 

"Kita nanti finalisasi dari tawaran kerjasama NasDem yang tadi pagi kita bahas. Prinsipinya menyambut baik, tawaran kerjasama dari NasDem," ujar Hanif.

Akan tetapi, dalam rapat pleno yang sedang berlangsung, rapat berjalan alot. Hasil finasiliasinya bahkan sampai melibatkan sejumlah kiai. 

"Ya biasa kan dinamika kan, pasti ada pandangan-pandangan (berbeda)," ujar dia.

Ditanya apakah alotnya rapat karena Muhaimin ditawari sebagai Cawapres, Hanif tak ingin berspekulasi. Ia akan menunggu hasil rapat pleno sore ini. 

"Ya jangan berspekulasi begitu lah. Kita tunggu hasil rapat," terang dia. 

Ditanya apakah PKB akan menarik diri dari koalisi Indonesia Maju, Hanif mengatakan, pada intinya PKB menyambut baik tawaran NasDem. Mengenai PKB akan menarik diri, ia ingin masyarakat menafsirkan sendiri. 

"Pada intinya kan hari ini kami sudah menyambut baik tawaram kerjasama dari nasdem. Itu (akan menarik diri koalisi Indonesia Maju) monggo teman menafsirkannya," tutur dia. 

Ditanya apakah PKB akan melakukan deklarasi Anies-Muhaimin, Hanif meminta masyarakat untuk bersabar sembari menunggu keputusan hasil rapat pleno. 

"Tunggu hasil rapat sore hari ini. Sabar dikit aman Insyaallah," jelasnya. 

Sekadar diketahui, DPP PKB menggelar rapat pleno sebagai respons atas rumor duet Anies Baswedan dengan Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Rapat pleno digelar di Graha Gus Dur atau kantor DPW PKB Jawa Timur, Jalan Gayungsari Timur No.33, Menanggal, Kec. Gayungan, Surabaya, Jumat (1/9/2023). 

Pantauan IDN Times di lapangan sejak pukul 14.00 WIB, sejumlah mobil mewah milik petinggi partai sudah mulai berdatangan di kantor DPW Jatim. Selain sejumlah petinggi PKB yang hadir, rapat pleno itu juga dihadiri sejumlah Kiai sepuh. Sementara Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar belum terlihat hadir di lokasi rapat. 

"InsyaAllah (Muhaimin datang), mudah mudahan. (Muhaimin) belum datang," kata Hanif Dhakiri dikonfirmasi.

Baca Juga: Rapat Pleno PKB, Petinggi Partai Merapat ke Graha Gus Dur

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya