Pria Curi Patung Bunda Maria dan Yesus untuk Makan, Ini Fakta-faktanya

Derema cong cong

Bangkalan, IDN Times -  Entah apa yang ada di pikiran MZ (33). Warga Kabupaten Bondowoso ini diringkus Polres Bangkalan setelah mencuri patung Bunda Maria di Gereja Mariya Immakulata, Telang, Kamal, Bangkalan. MZ mengaku mencuri patung karena tak bisa memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari. Tak pelak, aksi MZ ini pun viral. Melalui keterangan tertulisnya, Kapolres Bangkalan, AKBP Febri Isman Jaya menceritakan beberapa fakta pencurian ini. 

1. Pelaku mencuri dengan merusak pintu gereja

Pria Curi Patung Bunda Maria dan Yesus untuk Makan, Ini Fakta-faktanyaIlustrasi pencurian (IDN Times/Madya Shakti)

Kapolres Bangkalan AKBP Febri Isman Jaya,  menjelaskan kasus pencurian ini terungkap berawal dari rekaman kamera pengawas atau Close Circuit Television (CCTV) yang ada di gereja tersebut. Mulanya, pengelola gereja kaget karena ada beberapa barang yang hilang. Mereka makin kaget ketika mengetahui patung Bunda Maria dan Yesus yang berada di salah satu sudut gereja ikut raib. Belakangan mereka pun mengecek CCTV. Hasilnya mereka mendapati seorang tengah beraksi pada Sabtu (16/2/2024) dini hari. 

Dalam rekaman itu terlihat bahwa MZ pertama masuk gereja dengan merusak pintunya. Ia kemudian masuk dan mulai menggasak beberapa barang yang ada di sana. "Pelaku mencuri dengan cara merusak pintu gereja," ujar Febri, Rabu (21/2/2023). Pihak gereja pun langsung membuat laporan ke Polres Bangkalan. 

2. Tak cuma patung Bunda Maria dan Yesus, pelaku juga menggasak beberapa benda berharga lainnya

Pria Curi Patung Bunda Maria dan Yesus untuk Makan, Ini Fakta-faktanyaPolres Bangkalan saat ungkap kasus pencurian patung Bunda Maria. (Dok. Polres Bangkalan)

Mendapat laporan tersebut, polisi pun langsung melakukan penyelidikan. Mereka memeriksa saksi dan CCTV. Para saksi yang diperiksa mengatakan bahwa di pagi hari, Sabtu (16/2/2024), kondisi  pintu gereja sudah ada yang rusak. Saat itu, diketahui sejumlah barang banyak yang hilang. 

"MZ mengambil barang barang berharga seperti cawan kuningan, tempat lilin yang mengandung kuningan, sound gantung, kipas angin," kata Febri. Yang bikin polisi heran, MZ juga menggasak dua patung. "Patung Yesus dan Bunda Maria ikut dicuri," beber Febri.

Tak butuh waktu lama, polisi pun kemudian menangkap MZ. Kepada polisi, MZ mengaku langsung menjual hasil curiannya ke Surabaya. Barang seperti  cawan dan tempat lilin mengandung bahan kuningan yang sudah terjual. "Begitu pula dengan patung Bunda Maria, (sudah dijual)" tutur Febri.  

3. Barang dicuri untuk penuhi kebutuhan keluarga

Pria Curi Patung Bunda Maria dan Yesus untuk Makan, Ini Fakta-faktanyaPolres Bangkalan saat ungkap kasus pencurian patung Bunda Maria. (Dok. Polres Bangkalan)

Febri menyebut, pelaku mencuri barang-barang tersebut untuk memenuhi kebutuhan anak dan istrinya di Bondowoso. Sebab, di Bangkalan, MZ berkeja serabutan dan tidak punya penghasilan tetap. Dari tangan pelaku, polisi telah mengamankan barang bukti yang telah dicuri di Gereja tersebut.

Selain itu, beberapa peralatan yang dipakai untuk mencuri juga disita polisi. "Ada linggis, tang potong, gunting besi, 2 obeng, 2 karung serta barang bukti yang telah dicuri berhasil kami sita," kata dia. 

MZ kini pun disangkakan  dengan Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan. Ia diancam hukuman 7 tahun penjara. 

Baca Juga: Carok Bangkalan 4 Tewas, Dua Jadi Tersangka

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya