Pemkot Surabaya Targetkan 2.700 Rumah Diperbaiki, Baru Capai 1.200

Anggarannya Rp94,5 miliar

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menarget akhir tahun 2023, 2.700 rumah tidak layak huni di Kota Surabaya mendapat program Dandan Omah atau Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu). Hingga saat ini dari 2.700 target tersebut, baru terealisasi 1.200 unit rumah. 

"Per Juli 2023, selesai 1200 unit atau sekitar 45 persen. Sedangkan yang sudah terkontrak dan proses pengerjaan per Juli 2023, sebanyak 2.200 unit atau 82 persen," ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad. 

Irvan menjelaskan,  anggaran program Rutilahu dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023,  mencapai Rp94,5 miliar untuk 2.700 unit rumah. "Sedangkan di tahun 2022, tercapai sebanyak 950 unit," ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya ini lantas memaparkan syarat penerima program Rutilahu atau Dandan Omah di antaranya yakni, mempunyai KK dan KTP Surabaya, diusulkan oleh lurah, mempunyai bukti kepemilikan yang sah atas tanah dan membuat Surat Pernyataan Tidak Sengketa.

Kemudian, syarat lain adalah rumah ditempati sendiri, bersedia tidak dijual atau disewakan selama 5 tahun, dan belum pernah mendapatkan bantuan perbaikan rumah lainnya kecuali Perbaikan Jamban. 

"Selain itu, rumah masuk dalam kategori rumah tidak layak huni (atap lapuk dan bocor, dinding lembab, lantai banjir, jamban tidak berfungsi)," bebernya.

Selain itu, Irvan menerangkan,  estimasi perampungan satu hunian butuh waktu kurang lebih 20 - 30 hari. Sedangkan anggaran yang disiapkan untuk satu hunian itu sebesar Rp35 juta. 

Dalam proses pengerjaan, pemkot melibatkan Kelompok Teknis Perbaikan Rumah (KTPR) atau pekerja yang berasal dari warga sekitar. "Kita targetkan November 2023 semua selesai," jelasnya.

Meski demikian, Irvan mengakui, Dandan Omah Rutilahu yang menjadi satu di antara Program Padat Karya ini juga tak lepas dari kendala di lapangan. Seperti, tukang yang dipekerjakan kurang kompeten sehingga penyelesaian pekerjaaan terlambat dari waktu yang ditentukan.

"Selain itu, hal ini juga mengakibatkan biaya tenaga kerja membengkak. Beberapa KTPR mengalami kesulitan dalam menyediakan pekerja terampil perbaikan rumah," paparnya.

Maka dari itu, pihaknya juga berupaya meningkatkan kompetensi keahlian pekerja melalui pelatihan tukang. Langkah ini dilakukan dengan menggandeng Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).

"Harapan dengan adanya pelatihan tukang bangunan ini mengasah kemampuan tukang, meningkatkan pelatihan dan taraf hidup, dan tentunya selaras dengan Program Padat Karya Pemkot Surabaya," pungkasnya. 

Baca Juga: 5 Hotel di Surabaya Fasilitas Kolam Renang Rooftop

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya