Kota Lama Surabaya Dibuka, Ini Wisata yang Bisa Dinikmati

Ada sewa baju hingga jeep

Surabaya, IDN Times - Destinasi wisata Kota Lama Surabaya telah resmi dibuka oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, pada Kamis (27/6/2024). Berbagai paket wisata menarik dipersiapkan untuk menarik minat pengunjung.

Acara pembukaan berlangsung di depan gedung Internatio, dibuka dengan pertunjukan musik tempo dulu dan teatrikal berjudul 'Pertempuran Tiga Hari' yang dibawakan oleh Komunitas Roodebrug Surabaya.

1. Kota Lama menjadi tempat kegiatan anak muda

Kota Lama Surabaya Dibuka, Ini Wisata yang Bisa DinikmatiWali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. (IDN Times/Khusnul Hasana).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan bahwa Zona Eropa di Kota Lama akan menjadi pusat kegiatan bagi anak muda di Surabaya. Pemerintah Kota Surabaya berencana menggelar berbagai kegiatan, seperti lomba e-sport, kompetisi tari, dan pertunjukan DJ.

"Pastinya, Kota Lama akan menjadi pusat kegiatan anak-anak muda. Kita akan menggelar lomba E-Sport pada tanggal 26 Juli, ada kompetisi tari, dan DJ yang akan dilaksanakan di sini," jelas Eri.

Eri juga mengajak para pegiat komunitas untuk memanfaatkan potensi Kota Lama. Mereka diperbolehkan menggunakan kawasan Kota Lama untuk berkumpul dan mengadakan kegiatan.

"Silakan Kota Lama digunakan, menjadi tempat berkumpul, berkegiatan, dan lainnya. Jika ingin membuat souvenir juga silakan, saya ingin Kota Lama ini dimaksimalkan potensinya," tambahnya.

Baca Juga: Judi Online Juga Meracuni Kalangan Pelajar di Surabaya

2. Pengembangan Kota Lama terus dilakukan

Kota Lama Surabaya Dibuka, Ini Wisata yang Bisa DinikmatiTurnamen E-sport di Kota Lama Surabaya. (Dok. Diskominfo Kota Surabaya)

Pengembangan dan penataan Kota Lama terus dilakukan, termasuk penataan tenan makanan. Street food dan coffee shop akan difokuskan di sepanjang Jalan Karet.

"Ada tenan, tapi kita yang menentukan. Pemkot menyediakan tempat, nanti yang bergerak komunitas di Surabaya. Saya berharap ini menjadi tempatnya anak muda yang mengeluarkan kreasi, menjadi komunitas. Ayo los untuk anak muda," papar Eri.

Penataan Kota Lama Zona Eropa juga akan terkoneksi dengan Kya-Kya dan Kampung Arab di Jalan KH Mas Mansyur.

3. Paket wisata yang bisa dinikmati pengunjung

Kota Lama Surabaya Dibuka, Ini Wisata yang Bisa DinikmatiKota Lama Surabaya . (IDN Times/Khusnul Hasana)

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Hidayat Syah, menyebutkan bahwa mulai hari ini, sejumlah paket wisata sudah bisa dinikmati oleh para pengunjung.

"Paket wisatanya akan aktif setiap hari dan bisa dinikmati mulai hari ini. Hanya saja becak listriknya menunggu grand launching pada Rabu (3/7/2024)," ujar Hidayat.

Hidayat menambahkan, paket wisata ditawarkan dengan harga beragam, seperti persewaan baju bertema Eropa mulai harga Rp 35 ribu, berkeliling menggunakan becak kayuh dengan harga Rp 20 ribu, dan berkeliling dengan mobil Jeep cukup membayar Rp 45 ribu untuk waktu 45 menit.

"Untuk paket wisata atau hiburan ini, kita bekerja sama dengan sejumlah komunitas. Kita sediakan tempatnya, mereka yang mengisi," pungkasnya.

Setelah menggelar soft launching, Pemkot Surabaya juga akan menggelar grand launching pada Rabu (3/7/2024) mendatang.

Baca Juga: Turnamen E-sport Meriahkan Peresmian Kota Lama Surabaya

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya