Jokowi Ajak Pagar Nusa Ikut Jaga Negara

Jokowi pesan perguruan silat jangan pada berantem

Surabaya, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri acara Ijazah Kubro dan Pengukuhan Pimpinan Pusat Pagar Nusa masa khidmat 2023-2028. Pada kesempatan tersebut, ia menitip pesan agar perguruan silat ikut serta dalam mewujudkan keamanan dan kenyamanan di Tanah Air. 

Acara yang digelar di Lapangan Jala Krida Mandala, Surabaya, Minggu (22/10/2023) ini dihadiri sekitar 18 ribu pendekar Pagar Nusa dari seluruh Indonesia. Sedangkan jumlah pengurus harian yang dikukuhkan sebanyak 30 orang.

Dalam sambutannya, Jokowi menitip pesan kepada pengurus Pagar Nusa agar bisa menyusun rencana kerja dengan program yang mengedepankan penguatan karakter kebangsaan bagi para pendekar. Hal itu untuk menjaga Nusantara dari berbagai ancaman yang dapat merusak karakter bangsa. 

"Untuk menjaga nusantara dari berbagai ancaman yang dapat merusak karakter dan jati diri bangsa kita," kata Jokowi.

Jokowi lantas mengajak seluruh pendekar Pagar Nusa agar turut serta menjaga keamanan bangsa ini. Salah satunya dengan tidak mencegah perkelahian antara perguruan silat. 

"Saya titip semuanya menjaga, jangan sampai yang pernah kita baca, kita dengan antar perguruan pencak silat berantem, berkelahi, jangan," pesan dia. 

Ia meyakini, semua pendekar Pagar Nusa sangat teguh menjaga semangat persatuan. Serta menjadi jembatan penengah bagi seluruh perguruan silat. 

Dengan begitu, saat semangat persatuan dilakukan maka akan semakin mempetkuar bangsa Indonesia menghadapi segala tantangan ke depan. Apalagi di tengah kemajuan zaman.

"Saya yakin Pagar Nusa tidak seperti itu (saling bertengkar ), justru menjaga dan mendamaikan," ujarnya.

"Kita semua adalah satu saudara, kita semua adalah sedulur sebangsa dan setanah air," pungkas Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Berpesan Spirit Resolusi Jihad untuk Indonesia Kuat

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya