Hujan Es Batu Terjang Sidoarjo Jawa Timur

Hujan di Sidoarjo disertai angin

Sidoarjo, IDN Times - Warga Kabupaten Sidoarjo dikejutkan dengan adanya hujan es batu Senin (26/2/2024). Hujan es batu tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.Salah satu warga Sidoarjo, Anikmatus mengatakan, saat itu dirinya sedang berada di Kantor PMI Kabupaten Sidoarjo Jalan Raya Jati, Babatan, Jati, Kecamatan , Sidoarjo. Hujan es batu tersebut datang disertai dengan angin kencang.

"Awalnya hujan disertai angin kencang, setelah itu hujan es turun sekitar 5 menitan," ujar Anik kepada IDN Times.

Meski hujan tersebut datang dengan angin yang cukup kencang, tak ada bangunan di sekitarnya yang rusak. Ia juga menyebut taj ada pohon yang tumbang di sekitarnya. "Saya tadi sedang berada di kantor unit transfusi darah PMK Kabupaten Sdoarjo
Di sekitar alhamdulillah tidak ada bangunan atau pohon yg tumbang kak," kata dia. 

Meski begitu, berdasarkan pemantuannya tepat di depan Lippo Mall Sidoarjo, terjadi kemacetan total. Hal ini karena daerah tersebut banjir. "Tapi di depan Lippo Mall tepatnya di bawah tol sidoarjo banjir dan macet total kak," pungkas dia.

Dilansir National Severe Storms Laboratory (NSSL), hujan es adalah salah satu kondisi presipitasi yang terbentuk saat tetesan air terbawa angin ke bagian atas yang dingin pada awan badai petir (kumulonimbus) hingga membeku dan membentuk batu es.

Makin besar intensitas angin, makin besar hujan es yang akan turun. Batu es ini kemudian terbawa turun oleh angin. Batu es kemudian sedikit mencair, dan sambil mengumpulkan tetes air tambahan, ia terbawa ke atas untuk membeku kedua lagi.

Jika air yang menabrak batu es langsung membeku, maka batu es akan berwarna keruh karena adanya gelombang udara yang terperangkap. Namun, jika tetes air beku tidak langsung beku, maka batu es terlihat lebih jernih.

Baca Juga: Wilayah Malang Dihantam Hujan Es

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya