Hujan 30 Menit, Kawasan Dukuh Kupang Banjir 30 Sentimeter

PMK bantu sedot air

Surabaya, IDN Times - Kota Surabaya diguyur hujan deras, Selasa (9/1/2023). Hujan selama 30 menit di kawasan Dukuh Kupang, menyebabkan banjir setinggi 30 sentimeter atau sekitar lutut orang dewasa. Pantauan IDN Times, hujan mulai mengguyur sekitar pukul 15.30. Hanya butuh waktu 30 menit saja, air hujan itu pun menggenangi kawasan Dukuh Kupang Barat.

Terlihat, di jalan Raya Dukuh Kupang Barat air yang menggenangi jalan membuat kendaraan yang lewat melambat, terlihat pula anak-anak bermain air. 

Salah yang terdampak adalah studio musik milik Candra yang berada di Dukuh Kupang Barat 1. Dia bilang, sekitar 5 menit hujan mengguyur sudah membuat air masuk ke dalam studio musik miliknya. 

"Setiap hujan, air selalu masuk, gak sampai 5 menit air sudah masuk ke dalam studio," ujar Candra. 

Kemudian sekitar 30 menit, air yang masuk sudah 30 sentimeter atau setinggi lutut orang dewasa. Akibatnya, sejumlah barang-barang di studio tersebut pun terdampak. 

"Karena sudah sering hujan, kita selalu mengantisipasi barang-barang agar tidak terdampak banjir" ungkap Candra. 

Tak lama, petugas  Pemadam Kebakaran (PMK) pun datang untuk membantu menyedot air dari titik genangan dialirkan ke sungai. Sehingga banjir lebih cepat surut. 

Komandan Regu 1 PMK, Dimas bilang  pihaknya sudah siap saat kota Surabaya mulai mendung. Kemudian, saat hujan lebat mengguyur, pihaknya akan meluncur ke lokasi dengan curah hujan dan titik paling rawan banjir. . 

"(Petugas menyerahkan) dua unit (mobil PMK) dari pos PMK, standby personel sekitar 6 orang," ujar Dimas. 

Dimas menututkan, sejauh ini penyebab banjir di wilayah Dukung Kupang Barat 1 memang dari curah hujan tinggi yang membuat air naik. 

"Masalah kiriman yang tau dinas kita kalau ada genanagan tugasnya damkar langsung bergerak," pungkas dia. 

Baca Juga: Warung di Surabaya Jual Miras, Siap-siap Disegel Satpol PP

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya