Erick Thohir Resmikan Pos Bloc Surabaya, Jadi Ruang Kreatif Anak Muda

Aset BUMN lain juga akan dimanfaatkan

Surabaya, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meresmikan bekas Kantor Pos Surabaya di Jalan Kebon Rojo menjadi Pos Bloc, Kamis (16/11/2023). Pos Bloc tersebut  menjadi pusat kreativitas anak muda. 

Di tempat tersebut ada beragam ruang yang disediakan, mulai dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga komunitas kreativitas anak muda. 

Erick Thohir mengatakan, ide Pos Bloc tersebut awalnya berasal dari Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi yang ingin membangkitkan kawasan kota tua di Kota Pahlawan lewat pemanfaatan aset BUMN yang sudah tidak terpakai. Erick Thohir kemudian membawa Eri Cahyadi ke bekas kantor pos, Erick mengatakan bahwa BUMN punya program Pos Bloc. 

"Bahwa kita punya program yang sama, BUMN ingin mendekatkan diri ke masyarakat perkotaan, salah satunya menghadirkan Pos Bloc di Surabaya, hari ini sesuai dengan target waktu itu. Dan di sini lah tempat bagaimana BUMN memastikan, aset-aset BUMN bisa dikelolah secara profesional," ujar Erick. 

Erick menekankan pemanfaatan aset BUMN harus kontinu dan optimal, dengan tidak melupakan peran pentingnya, yaitu berkerjasama serta berkolaborasi dengan pihak swasta, UMKM dan komunitas.

"Di sini lah yang kita dorong kenapa kesuksesan Pos Bloc yang ada di kota besar lainnya, kita lahirkan di Surabaya," kata dia. 

Selain Kantor Pos, aset BUMN lain di kota Surabaya yang sudah tidak terpakai juga akan dimanfaatkan untuk pusat kreativitas anak muda. 

"Saya sepakat dengan pak wali, gedung BUMN lainnya akan kita cek dan kita metamorfosis kan kita jadikan community center tetapi secara profesional kita harapkan," terangnya. 

Dengan demikian, ekonomi di Surabaya akan tumbuh. Pertumbuhan itu salah satunya lewat industri kreatif yang dilakukan oleh anak-anak muda. 

"Kemarin ada berita, tidak di Surabaya tetapi di kota lain ketika peran industri kreatif itu menjadi pertumbuhan ekonomi di kota tersebut, baik melalui event ataupun kegiatan olah raga, seperti yang hari ini dilakukan di Surabaya yaitu menjadi tempat piala dunia dan tentu bagaimana kita berperan aktif semua," pungkas Erick.

Sementara itu, Wali kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, Pos Bloc akan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan ekonomi kreatif di Kota Surabaya. 

"Saya maturnuwun kepada Menteri BUMN karena pos itu sudah berdiri di Surabaya dan akan bermanfaat untuk industri Kota surabaya," kata dia. 

Selanjutnya, aset BUMN yang tidak digunakan akan dikelolah oleh anak muda. Sehingga nantinya antara Pos Bloc dengan aset BUMN lain akan saling terkoneksi menjadi kawasan kota tua. 

"Pak menteri menyampaikan untuk program yang saya lakukan untuk kota tua dan koneksi dengan gedung BUMN lainnya yang akan bergerak profesional seperti pos surabaya. pasti akan digerakkan milineal kota Surabaya untuk keyakinan industri kreatif," pungkas Eri. 

Baca Juga: Erick Thohir Yakin Indonesia Unggul 2-1 Lawan Maroko

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya