Ansor Kembali Tolak Pengajian Ustaz Syafiq Basalamah di Surabaya

Loh lagi?

Surabaya, IDN Times - Gerakan Pemuda (GP) Ansor kembali menolak pengajian Ustaz Syafiq Riza Hasan Basalamah di Surabaya. Pengajian tersebut direncanakan akan dilaksanakan di Masjid Al-Ikhlas  Jalan Tanjung Sadri, Kecamatan Krembangan, Surabaya, Sabtu (2/3/2024) pukul 18.00 WIB. 

Penolakan tersebut berdasarkan surat Pengurus Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Krembangan Nomor 156/PAC-XII-01-19/SR-02/III/2024 perihal keberatan kehadiran Ustaz Syafiq Riza Hasan Basalamah. 

"Sehubungan dengan dilaksanakannya kajian (Terlampir) di Masjid Al-Ikhlas Surabayayang mendatangkan Ustad Dr.Syafiq Riza Hasan Basalamah, Lc, M.A. pada hari Sabtu, 2 Maret 2024 Pukul 18:00 WIB (Ba'da Maghrib s/d Ba'da Isya'), maka kami PimpinanAnak Cabang Gerakan Pemuda Ansor dan Satuan Koordinasi Rayon Banser Krembangan Kota Surabaya keberatan atas kehadirannya," tulis surat yang ditandatangani ketua PAC GP Ansor Kecamatan Krembangan, Achmad Choirun Sholeh.

Ada beberapa alasan GP Ansor menolak Ustaz Syafiq Basalamah. Pertama, ceramah Saudara Syafiq Riza Basalamah dianggap menimbulkan kontroversi di masyarakat. "Ia pernah menyebut tidak boleh berteman dengan non muslim, berdizikir seperti nyanyi rame-rame, mengganti nama-nama jawa seperti Sri. Kajian seperti inisangat mersahkan dan menimbulkan perpecahan," tulis surat tersebut. 

Kedua, GP Ansor tidak ingin Kecamatan Krembangan yang disebut damai dan kondusif mengalami kejadian seperti di Gununganyar, yakni terjadi gesekan atas penolakan Syafiq Riza Basalamah.

"Pada dasarnya Ansor bukan anti pengajian yang diselenggarakan oleh siapapun, kapanpun, di manapun sangat dianjurkan, namun kamu sangat keberatan keras atas dakwah Syafiq Riza Hasan Basalamah yang menimbulkan keresahan padamasyarakat kita," dikutip pada surat tersebut. 

Alasan ketiga, dampak kejadian yang terjadi pada hari Kamis, Tanggal 22 Februari 2024 di Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya belum selesai atau reda. Sehingga apabila acara tersebut tetap dilakukan dikhawatirkan akan terjadi kembali hal-hal yang tidak diinginkan.

"Maka hal tersebut diluar kapasitas dan tanggung jawab kami, sehingga pihak panitia penyelenggara maupun pihak keamanan dalam hal ini Polres KP3 Tanjung Perak harus siap bertanggung jawab dengan konsekuensi yang akanterjadi nanti," tulis surat teranggal 1 Maret 2024 ini. 

Sementara itu, akun instagram, resmi Ustaz Syafiq Riza Basalamah juga mengunggah poster tentang kegiatan tersebut. Dalam unggahan itu disebutkan bahwa pengajian akan digelar pada pukul 18.00 WIB di masjid Al Ikhlas. Selain itu, ada juga keterangan bahwa pengajian bisa disaksikan secara live streaming di facebook.

Sebelumnya, kericuhan terjadi saat pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya menolak pengajian yang dihadiri Ustaz Syafiq Riza Hasan Basalamah di Masjid Assalam Purimas, Gunung Anyar, Surabaya  Kamis (22/2/2024) pukul 18.30 WIB. Penolakan tersebut dilakukan karena Ustaz Syafiq Riza Hasan Basalamah mereka nilai memecah belah umat.

Baca Juga: Ricuh, Ansor Tolak Pengajian Ustaz Syafiq Basalamah di Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya