15 Foto Karya FJPI Dipamerkan di Surabaya

Bertema we work too

Surabaya, IDN Times - Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) menggelar pameran foto hasil karya jurnalis perempuan dari seluruh Indonesia, bertajuk bertajuk We Work Too. Sebanyak 15 foto hasil karya terbaik jurnalis anggota FJPI dipamerkan di Hotel Regantris Surabaya, Jumat (10/5/2024).

Pameran foto ini digelar bersamaan dengan kegiatan Workshop bertajuk Kekerasan Berbasis Gander Online (KGBO) yang dimulai pada Jumat (10/5/2024) hingga Sabtu (11/5/2024). Berikut ini foto-foto jurnalis dari teman-teman FJPI:

1. Menembus Batas

15 Foto Karya FJPI Dipamerkan di SurabayaMenembus Batas (karya: Mafa Yulie)

Keterbatasan tak menghalangi semangat atlet difabel, Evi Yunita Pohan. Evi sukses menunjukkan pada dunia, dia membawa pulang medali emas di Perpanas 2021 Papua. Prestasi itu tak membuat perempuan asal Mandailing Natal ini jumawa. Dia tetap melakukan aktivitas seperti biasa di luar kegiatan latihan rutin.

Baca Juga: FJPI akan Gelar Workshop KBGO dan Pameran Foto di 5 Provinsi

2. Perempuan Penjaga Hutan

15 Foto Karya FJPI Dipamerkan di SurabayaPerempuan Penjaga Hutan. (Karya: Diana Saragih)

Tiga perempuan penjaga hutan Leuser sedang berpatroli di zona penyangga di Kecamatan Bahorok. Langkat-Sumut. Selain berpatroli melihat kondisi hutan dan hewanyang terjerat, mereka juga menanam pohon buah untuk bahan pangan hewan hutan di kawasan hutan agar hewan-hewan tidak kekurangan makan lalu mencuri di kawasan pertanian dan rumah warga. Foto diambil pada 2024.

3. Berangkat ke pasar

15 Foto Karya FJPI Dipamerkan di SurabayaBerangkat ke pasar. (Karya: Muni)

Pedagang sayur melintas membawa dagangannya menuju pasar Tradisional di Kota Solo, Jawa Tengah (2012). 

4. Melintasi jembatan kayu

15 Foto Karya FJPI Dipamerkan di SurabayaMelintasi Jembatan Kayu. (Karya: Diana Saragih)

Dua petani di Kabubaten Ketapang - Kalimantan Barat sedang melintasi jembatan kayu di atas sungai. Jembatan itu merupakan satu-satunya fasilitas menyeberang sungai termasuk untuk mengangkut hasil panen mereka. Foto diambil 2013.

5. Buruh Tani Usai Panen

15 Foto Karya FJPI Dipamerkan di SurabayaBuruh Tani Usai Panen (Karya: Lin)

Para buruha di Sidoarjo merontokkan bulir padi dari pohonnya. Aktivitas ini menjadi pemandangan khas setiap usai panen.

6. Membawa pakan ternak

15 Foto Karya FJPI Dipamerkan di SurabayaMembawa pakan ternak. (Karya: Diana Saragih)

Seorang perempuan lanjut usia di Pacitan - Jawa Timur nampak menggendong dedaunan yang diambilnya untuk pakan ternak. Foto diambil 2013.

7. Menunggu pengunjung

15 Foto Karya FJPI Dipamerkan di SurabayaMenunggu pengunjung. (Karya: Diana Saragih)

Seorang perempuan pemilika tunggangan di kawasan wisata Dieng sedang duduk menunggu pengunjung. Kuda itu disewakan untuk kebutuhan foto bagi pengunjung yang ramai mendatangi kawasan wisata Dieng. Kabupaten Wonosobo - Jawa Tengah. Fotodiambil pada 2014.

8. Menembus debu vulkanik

15 Foto Karya FJPI Dipamerkan di SurabayaMenembus debu vulkanik. (Karya: Mafa Yulie)

Seorang Ibu berdarah Karo mengevakuasi anaknya dari bahaya guguran debu vulkanik Gunung Sinabung tahun 2013 lalu. Bahkan dia harus menggunakan alat pelindung darurat plastik demi keselamatan anaknya. Pemerintah Karo pun menurunkan tim untuk melakukan evakuasi segera terhadap sejumlah warga yang langsungnya terkenadampak letusan gunung. Mereka mendapatkan tempat sementara di kamp pengungsian.

9. Mendayung perahu

15 Foto Karya FJPI Dipamerkan di SurabayaMendayung perahu. (Karya: Nurni Sulaiman)

Seorang ibu mendayung perahu menuju Pasar Apung Kuin di Kalimantan Selatan Pedagang pasar apung harus keluar dinihari mendayung perahu hingga berjam-jam.melawan dingin agar bisa berjualan di Pasar Apung Kuin bersama pedagang lain.

10. Menjemur kemiri

15 Foto Karya FJPI Dipamerkan di SurabayaMenjemur kemiri (Karya: Nurni Sulaiman)

Seorang nenek menjemur kemiri di Desa Wolofeo, Kecamatan Tanawawo, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tengqara Timur. Setelah proses penjemuran, kemiri akan dijual kepasar atau ke penampung. NTT merupakan provinsi penghasil kemiri terbesar, disamping kakao dan kopi.

11. Nuni Gurki

15 Foto Karya FJPI Dipamerkan di SurabayaNurni Gurki. (Karya: Mafa Yulie)

Foto ini adalah salah satu potret kehidupan perempuan suku Karo, yang dalam kesehariannya mayoritas adalah petani. Foto ini di ambil di akhir tahun 2013, sebelumdesa Gurki (Gurukinayan) menjadi salah satu desa terdampak dari bencana gunung apiSinabung. Desa Gurki terletak sekitar 3km dari kaki gunung Sinabung, dan kini menjadisalah satu desa mati, yang ditinggal mengungsi oleh penghuninya, dan sebagian besarrumah disana juga sudah habis di lalap api debu vulkanik.

12. Ikhtiar

15 Foto Karya FJPI Dipamerkan di SurabayaIkhtiar. (Karya: Nurni Sulaiman).

Seorang kaki lima ikhtiar dan beribadah di sebelah steling jualan di Jalan Gatot Subroto Medan. HJ Rosmani tetap menjalankan kewajibannya untuk taat beribadah dengan salat di tepi jalan, tanpa menghiraukan kendaraan yang lalu lalang. 

13. Menganyam

15 Foto Karya FJPI Dipamerkan di SurabayaMenganyam. (Karya: Nurni Sulaiman)

Dua orang perempuan Dayak menganyam rotan di beranda rumah di Berau, Kalimantan Timur. Menganyam rotan menjadi penghasilan perempuan Dayak selain bertani. Keunikan perempuan Dayak mempunyai ciri khas telinga Panjang. Semakin panjang telinganya, semakin cantik.

14. Pelakon

15 Foto Karya FJPI Dipamerkan di SurabayaPelakon. (Karya: Mafa Yulie)

Drama Tarling menjadi salah satu seni budaya pertunjukan teater tradisional dari Indramayu. Tarling merupakan seni musik dan lagu yang awalnya ditampilkan dalam bentuk nyanyian (kiser) yang diiringi oleh gitar dan suling saja. Sejalan dengan perkembangan zaman, kesenian Tarling juga mengalami perubahan, yang mengarah ke drama-drama cerita daerah ataupun modern. Pelakon memiliki peran penting dalam pementasan Tarling, terutama pelakon perempuan, sebaab dalam setiap cerita drama, pelakon perempuan menjadi magnet bagi pengunjung untuk hadir menikmati pertunjukan.

15. Jemur padi usai panen

15 Foto Karya FJPI Dipamerkan di SurabayaJemur padi usai panen. (Karya: Muni)

Sepasang suami istri yang berkerja sebagai petani bekerjasama menjemur padi dihalaman rumahnya, Sumenep, Madura, (2012).

Itu tadi 15 foto jurnalistik hasil karya anggota Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) yang bisa kamu nikmati di pameran foto dua hari ini Jumat (10/5/2024) hingga Sabtu (11/5/2024), di Hotel Regantris Surabaya.

Baca Juga: FJPI Pamerkan 15 Potret Pekerja Perempuan lewat Karya Foto

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya