Berikut Daftar Pengusaha Tionghoa Penyumbang Terbesar Prabowo-Sandiaga

Prabowo dapat sumbangan sebesar Rp435 juta

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden Prabowo Subianto mendapatkan sumbangan dana untuk keperluan di Pemilihan Presiden 2019 dari komunitas masyarakat Tionghoa. Sumbangan itu diberikan pada acara Gala Dinner bersama masyarakat Tionghoa di Grand Ballroom Suncity Hotel, Jakarta, Jumat malam (7/12).

Lalu berapa total penggalangan dana dukungan?

Baca Juga: Prabowo: Saya Bukan Antek Tiongkok dan Amerika

1. Prabowo dapat sumbangan sebesar Rp435 juta

Berikut Daftar Pengusaha Tionghoa Penyumbang Terbesar Prabowo-SandiagaDok. IDN Times/istimewa

Dari total penggalangan dana itu, Prabowo mendapat sumbangan sebesar Rp435 juta. Dari jumlah tersebut, salah satu peserta acara Gala Dinner bernama Kasidi yang juga akrab disapa Ahok menggelontorkan dana sebesar Rp250 juta.

"Terakhir yang ada di saya, luar biasa yang berikan dukungan kepada tim pemenangan Prabowo-Sandiaga, terima kasih kepada Ahok atau Kasidi yang berikan sumbangan sebesar Rp250 juta," ucap pembawa acara di lokasi.

Baca Juga: Elektabilitas Prabowo Naik, Erick Thohir: Berkat Pak Sandiaga

2. Dana Rp435 juta terkumpul dari 15 orang penyumbang

Berikut Daftar Pengusaha Tionghoa Penyumbang Terbesar Prabowo-SandiagaDok. IDN Times/istimewa

Berikut total dana Rp435 juta yang terkumpul dari 15 orang penyumbang:

1. Megah Cen Pan Putri: Rp10 juta
2. Hasyim Hasyen: Rp10 juta
3. Yulius Lioe: Rp30 juta
4. Tan James: Rp10 juta
5. Darwin Ng: Rp20 juta
6. Herijanto: Rp5 juta
7. Effendy Kiatan: Rp5 juta
8. Hendrik: Rp10 juta
9. Kasman: Rp20 juta
10. Andi Wilson: Rp20 juta
11. Sudimin: Rp20 juta
12. Kevin TC: Rp10 juta
13. Desriyanto Sumardi: Rp10 juta
14. Ahok/Kasidi: Rp250 juta
15. Johan Ika: Rp5 juta

Baca Juga: Ini Untung Rugi Gunakan Suara dan Golput saat Pemilu

3. Masyarakat Tionghoa unjuk dukungan nyata lewat sumbangan

Berikut Daftar Pengusaha Tionghoa Penyumbang Terbesar Prabowo-SandiagaDok. IDN Times/istimewa

Ketua panitia acara Gala Dinner, Chandra Suwono menjelaskan bahwa donasi yang diberikan oleh masyarakat Tionghoa kepada Prabowo merupakan bentuk dukungan nyata untuk pemenangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno pada Pilpres 2019 mendatang.

"Terkait donasi, ini bukan maksud dan tujuan Pak Prabowo hadir ke kami, tapi ini muncul dari kami sendiri untuk betul-betul mendukung Bapak agar 2019 bisa terpilih jadi presiden," ungkap Chandra.

Ia menjelaskan bahwa masyarakat Tionghoa yang hadir pada acara ini kebanyakan adalah pedagang atau pengusaha. Ada juga diantara mereka yang berprofesi sebagai pengacara, profesor, dan lainnya.

Mereka menilai bahwa Prabowo dan Sandiaga bisa membawa perekonomian Indonesia menjadi lebih baik ke depan.

"Kami panitia mengadakan acara ini, meyakini Pak Prabowo memiliki gagasan atau konsep untuk memperbaiki ekonomi kita yang sedang menurun. Kami meyakini Bapak Prabowo memiliki kapasitas untuk memimpin negara ini," kata Chandra. 

4. Prabowo menjelaskan visi-misi kepada masyarakat Tionghoa

Berikut Daftar Pengusaha Tionghoa Penyumbang Terbesar Prabowo-SandiagaDok. IDN Times/istimewa

Di sisi lain, Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerindra yang juga merupakan Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Hashim Djojohadikusumo menjelaskan bahwa acara Gala Dinner ini merupakan bentuk silahturahmi dan pengenalan lebih dekat antara Capres Prabowo Subianto dengan masyarakat Tionghoa Indonesia. Sehingga, masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Tionghoa, di Indonesia bisa mengetahui program serta visi dan misi Prabowo-Sandiaga.

"Kawan-kawanyna Pak Prabowo dari komunitas Tionghoa ingin Pak Prabowo ketemu dengan kawan-kawan mereka supaya bisa lebih kenal Prabowo, supaya bisa lebih dengar sebetulnya sikap Prabowo , pendirian Prabowo, dan program Prabowo ke depan. saya kira itu tujuannya," katanya.

Dalam acara tersebut juga hadir Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya Titiek Soeharto, istri Cawapres Sandiaga Uno Nur Asia Uno, dan ibu Sandiaga Uno, yakni Mien Uno, serta tokoh-tokoh dari Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi lainnya.

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya