Profil Debby Kurniawan, Politikus Demokrat Asal Lamongan

Ia malang melintang di dunia olahraga Lamongan

Lamongan, IDN Times - Nama politkus partai Demokrat asal Lamongan, Debby Kurniawan sedang banyak diperbincangkan. Pria 40 tahun ini merupakan sosok yang sangat dikenal di Lamongan. Maklum, ia merupakan putra kedua dari mantan Bupati Lamongan periode 2010-2021, almarhum Fadeli. Nama Debby juga sangat dikenal karena menduduki berbagai jabatan penting di Lamongan, termasuk Persela Lamongan.

Siapakah sosok Debby Kurniawan? Ini dia profil singkatnya.

1. Debby lahir, besar dan menempuh pendidikan hingga SMA di Lamongan

Profil Debby Kurniawan, Politikus Demokrat Asal LamonganDebby Kurniawan. (Instagram.com/debbykurniawan7)

Debby Kurniawan lahir di Lamongan pada 7 September 1981. Ia besar dan menghabiskan nyaris semua jenjang pendidikan di Kabupaten Lamongan. Debby tercatat pernah bersekolah di beberapa sekolah besar di Lamongan, salah satunya adalah SMAN 2 Lamongan pada tahun 1997 sampai 2000.

Tamat sekolah, Debby menempuh pendidikan tingginya di Universitas Pelita Harapan Tangerang mulai tahun 2000 dan mendapat gelar sarjana komputer pada tahun 2004 . Setelah itu, ia tercatat pernah menjadi dosen di salah satu perguruan tinggi Lamongan dari tahun 2007 hingga tahun 2012. 

2. Langkah politik Debby dimulai saat ditunjuk menjadi petinggi Demokrat Lamongan

Profil Debby Kurniawan, Politikus Demokrat Asal LamonganDebby Kurniawan. (Instagram.com/debbykurniawan7)

Langkah politik Debby dimulai saat ia didaulat menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Lamongan pada tahun 2012 hingga tahun 2022. Dari posisi inilah ia juga kemudian berhasil menjadi anggota DPRD Lamongan mulai tahun 2014. Bahkan, ia menduduki kursi Ketua DPRD Lamongan sampai tahun 2019. 

Pada pemilihan calon legislatif berikutnya, ia pun mencoba peruntungannya dengan maju menjadi anggota DPR RI. Namanya yang sudah terlanjur populer membuatnya melanggeng mulus maju ke Senayan pada 2019. Tak main-main, Debby yang berasal dari daerah pemilihan Jawa Timur X mampu meraup 117.523 suara. Oleh Demokrat, Debby ditugaskan di Komisi X yang membidangi pendidikan, kebudayaan, dan olahraga. 

Baca Juga: Anggota DPR Dilaporkan atas Kasus Pencabulan, MKD: Kami akan Panggil 

3. Debby malang melintang di dunia olahraga dan kepemudaan Lamongan

Profil Debby Kurniawan, Politikus Demokrat Asal LamonganDebby Kurniawan. (Instagram.com/debbykurniawan7)

Wajar jika Debby diminta mengurusi bidang olahraga di DPR RI. Ia adalah sosok yang sudah malang melintang di berbagai kegiatan olahraga di Lamongan. Debby adalah Direktur Utama PT Persela Jaya, perusahaan yang menaungi klub sepak bola asal Lamongan. Bahkan, dalam situs resmi PT LIB, nama Debby masih ditulis sebagai pemilik klub berjuluk Laskar Joko Tingkir tersebut. Selain sepak bola, Debby saat ini juga tercatat masih menjabat sebagai Ketua Ikatan Pencak Silat (IPSI) cabang Lamongan.

Adapun pada organisasi kepemudaan, Debby pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Lamongan 2011 - 2015 dan 2015 - 2019. Ia juga pernah menjadi Bendahara PC GP ANSOR Lamongan.

Baca Juga: Anggota DPR Inisial DK Dilaporkan Terkait Dugaan Pencabulan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya