Soekarwo Sahkan SK Pelantikan 40 PAW DPRD Kota Malang

Selasa, roda pemerintahan kota Malang akan kembali bergulir

Surabaya, IDN Times - Buntut panjang kasus korupsi berjemaah DPRD Kota Malang sebentar lagi akan terputus. Gubernur Jawa Timur Soekarwo telah menandatangani Surat Keputusan (SK) bagi 40 Penggantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD kota Malang, Sabtu (8/9). Nantinya, 40 PAW ini akan melaksanakan tugas sebagaimana anggota DPRD sejak dilantik pada Senin (10/9).

1. Satu orang PAW sudah dipilih sebelumnya

Soekarwo Sahkan SK Pelantikan 40 PAW DPRD Kota MalangIDN Times/Fitria Madia

Soekarwo menjelaskan bahwa PAW yang dilantik berjumlah 40 orang, sedangkan yang diciduk KPK sebanyak 41 orang. Hal ini dikarenakan salah satu anggota telah di-PAW oleh Parpolnya jauh hari ketika anggota DPRD tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka. "41 yang 1 sudah PAW lebih awal. Sehingga ini 40 dari 10 partai. Semua sudah diselesaikan," ujarnya ketika ditemui di gedung negara Grahadi, Sabtu (8/9).

Baca Juga: 41 Anggota DPRD Malang Jadi Tersangka di KPK, Ini Kata Presiden Jokowi

2. Struktur DPRD telah siap

Soekarwo Sahkan SK Pelantikan 40 PAW DPRD Kota MalangIDN Times/Fitria Madia

Untuk pengisi jabatan sebagai ketua fraksi, komisi, dan lain-lain, Soekarwo mengaku semuanya sudah terisi. Mekanisme pengisian sesuai dengan Parpol masing-masing berdasarkan nomor urut saat Pileg. "Sudah selesai semua persiapan calon pemimpin dewan, fraksi, komisi. Semuanya sudah selesai," tegas Soekarwo.

3. Gladi resik pelantikan sedang berjalan

Soekarwo Sahkan SK Pelantikan 40 PAW DPRD Kota MalangIDN Times/Fitria Madia

Plt Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan bahwa acara pelantikan PAW DPRD kota Malang telah siap. Bahkan, saat ini pihaknya sedang melaksanakan gladi resik persiapan pelantikan. "Sekarang mengapa saya harus cabut karena untuk. mempersiapkan kegiatan hari Senin termasuk di dalamnya nanti ada alat-alat dan kelengkapan yang disiapkan agar selasa harapannya bisa exist lagi," tuturnya.

4. PAW akan tandatangani pakta integritas

Soekarwo Sahkan SK Pelantikan 40 PAW DPRD Kota MalangIDN Times/Fitria Madia

Rencananya, Soekarwo beserta pimpinan partai tingkat provinsi juga akan menghadiri acara pelantikan yang akan diselenggarakan pada pukul 13.00 WIB. Nantinya, seluruh PAW juga akan menandatangani pakta integritas. "Nanti juga menandatangi pakta integritas karena kemarin itu kan masalah integritas," jelasnya.

Baca Juga: Senin, Seluruh PAW DPRD Kota Malang Dilantik

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya